PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Pimpinan Umum Gurindam.id, Berikan Pelatihan Jurnalistik Dasar

Mencerdaskan & Memuliakan - Juli 11, 2020
Pimpinan Umum Gurindam.id, Berikan Pelatihan Jurnalistik Dasar
Pimpinan Umum Media Online Gurindam.id, Muh Nasrul Arsyad, saat memberikan materi pelatihan jurnalistik. - (Gurindam.id/Sel)
RajaBackLink.com
Editor Gafur id

Anambas,Gurindam.id – Pimpinan Umum Media Online Nasional, Gurindam.id, Muh. Nasrul Arsyad memberikan pelatihan jurnalistik dasar kepada sejumlah wartawan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Jum’at (10/7/2020).

Menurut Nasrul, pelatihan itu diberikan, guna mempertajam teknik pengambilan enggel dan penulisan lead yang singkat, padat dan jelas, terutama kepada wartawan pemula.

“Pelatihan ini, sebenarnya lebih kepada penajamam cara menulis berita langsung (straigth news). Sebab, masih ada sebagian kawan-kawan yang menulis lead berita bertele-tele, sehingga sulit dimengerti,” terang Nasrul.

Nasrul yang sudah mengenyam pengalaman jurnalistik selama 23 tahun itu menyebut, point penting dari sebuah berita jenis straight news atau berita langsung adalah, tulisannya tidak beropini, tidak bertele-tele. Harus padat, jelas dan mudah dimengerti.

“Terutama pada lead berita, usahakan singkat, padat dan jelas. Tulisannya langsung pada pokok masalah. Dan terpenting adalah jangan menggunakan opini sendiri,” terang Nasrul.

Sementara itu, Edi, salah seorang wartawan yang ikut dalam pelatihan tersebut mengaku senang dapat ikut dalam pelatihan itu. Ia menyebut, selama ini, dasar-dasar menulis berita jarang ia dapatkan. Sehingga, ketika sudah mulai menulis berita masih kesulitan dari mana ia harus memulai menulis.

“Pelajaran yang diberikan bg Nasrul ini, sangat bermanfaat, karena dengan mudah kita menyerap materinya,” kata Edi. (sel)

Baca Juga  Jelang Peringatan Hari Kesiap Siagaan Bencana, Syarif Ahmad : Kami Ingin Di Tahun Ini Kami Bisa Mengedukasi Masyarakat
Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

139968
Users Last 30 days : 1464
Users This Month : 762
Views This Year : 29450
Who's Online : 1
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-06-17
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya