PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

[HOAKS] Anies mundur dari Pilpres 2024 setelah ditetapkan jadi tersangka KPK

Mencerdaskan & Memuliakan - Januari 28, 2024
[HOAKS] Anies mundur dari Pilpres 2024 setelah ditetapkan jadi tersangka KPK
[SALAH] Anies Mundur Jadi Capres Usai KPK Menetapkannya Tersangka Korupsi Formula E - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID- Beredar di media sosial Tiktok sebuah video yang menarasikan paslon nomor urut satu Anies Baswedan ditangkap KPK atas kasus Formula E.

Dalam video tersebut juga memperlihatkan Anies mengenakan rompi oranye khas tahanan KPK dengan tangan diborgol. Dalam video tersebut juga disebutkan Anies mundur dari pencalonan di Pilpres 2024.

Berikut narasi dalam video tersebut:

“KPK akan segera menetapkan Anies Baswedan sebagai tersangka terkait kasus Formula E yang berakibat nanti Anies tidak bisa ikut nyapres karena bagi capres yang terkena kasus korupsi tidak bisa lagi mengikuti pilpres”

Namun, benarkah Anies mundur dari Pilpres 2024 setelah ditetapkan jadi tersangka KPK?

Unggahan hoaks yang menarasikan Anies mudur dari Pilpres 2024 usai jadi tersangka KPK. Faktanya, tidak ada informasi mengenai hal tersebut. Foto dalam video tersebut merupakan editan. (TikTok)

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, foto Anies mengenakan rompi oranye merupakan editan. Foto aslinya merupakan foto Mensos Juliari P Batubara yang mengenakan rompi tersangka KPK terkait kasus dugaan korupsi dana bansos COVID-19.

Hingga saat ini, kasus dugaan korupsi dalam penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E saat ini masih dalam penyelidikan. KPK juga memastikan proses hukum terkait Formula E masih berlanjut dan tidak ada tenggat waktunya.

Pada 2023 lalu, dilansir dari berita ANTARA KPK enggan mengomentari pernyataan mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana yang mengatakan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menjadi tersangka dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan pernyataan Denny hanya bisa diklarifikasi oleh yang bersangkutan.

Selain itu turnbackhoax.id juga sebelumnya pernah mengangkat isu serupa mengenai penangkapan Anies Baswedan oleh KPK atas kasus korupsi Formula E.

Baca Juga  [HOAKS] Anies Baswedan Berdoa di Kelenteng agar Menang Pilpres 2024

Hingga kini juga Anies masih menyandang status sebagai salah satu calon presiden 2024, sehingga dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan Anies ditangkap atas kasus korupsi Formula E yang menyebabkan dirinya gagal menjadi capres adalah informasi yang tidak benar.

Rating: Hoaks

[SUMBER]: Tiktok https://archive.cob.web.id/archive/

Gurindam.id/cekfakta/anies

https://www.kominfo.go.id/content/detail

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

141575
Users Last 30 days : 1531
Users This Month : 907
Views This Year : 31894
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.92.91.54
Server Time : 2024-07-19
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya