PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

[CEKFAKTA] Kyai Yang Doakan Prabowo Gibran Meninggal Dunia, adalah Hoax

Mencerdaskan & Memuliakan - Januari 28, 2024
[CEKFAKTA] Kyai Yang Doakan Prabowo Gibran Meninggal Dunia, adalah Hoax
Tangkapan layar dari media sosial saat KH Sayuti Toha pingsan yang diberi narasi meninggal seusai pidato dukungannya kepada Prabowo-Gibran. /visi.news/tik tok - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID – Beredar kabar bahwa KH Sayuti Toha, pengasuh Pondok Pesantren Mansyaul Huda di Banyuwangi, meninggal dunia setelah menyatakan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Kabar ini viral di media sosial dan menjadi perbincangan netizen.

Namun, benarkah kabar tersebut? Apa sebenarnya yang terjadi dengan KH Sayuti Toha?

Faktanya, kabar tersebut adalah hoaks. KH Sayuti Toha tidak meninggal dunia, melainkan hanya pingsan saat mendoakan kemenangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

Hal ini dibenarkan oleh KH Ahmad Wahyudi, pengasuh Pondok Pesantren Adz Dzikra, yang berada di belakang KH Sayuti Toha saat kejadian. Ia mengatakan bahwa pingsannya KH Sayuti Toha disebabkan oleh faktor usia dan kelelahan.

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya KH Suyuti Toha yang doakan Prabowo-Gibran menang dalam Pilpres 2024 tidak meninggal dunia, melainkan hanya pingsan karena faktor usia dan kelelahan. Hal tersebut telah dibenarkan oleh KH Ahmad Wahyudi, pengasuh Pondok Pesantren Adz Dzikra yang berada di belakang KH Suyuti Toha di saat kejadian.

==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.

==========================

NARASI

Akun Twitter @Andria75777 https://twitter.com/Andria75777

(https://archive.ph/W1syE arsip) mengunggah sebuah video yang menampilkan sosok Kyai sepuh yang sedang berdoa untuk kemenangan pasangan Capres Cawapres 02, Prabowo-Gibran, pada Pemilu 2024. Namun tak lama kemudian, Kyai tersebut jatuh pingsan.

Akun @Andria75777 menulis narasi bahwa Kyai tersebut telah meninggal dunia usai mendoakan kemenangan Paslon 02.

“Innalillahi wa innailaihi rojiuun, langsung Cash Tercabut Nyawanya pada saat Doa minta Dunia utk si Prabowo Gibran karna tlah memberi Amplop. ..yg menyebabkan si Kiyai menghembuskan Nafas terakhir. Coba kek si Kiyai tsb Berdoa minta diturunkan Pemimpin yg baik dan Amanah.” Tulisnya.

Baca Juga  Lanal Ranai Sukseskan Gerakan Nasional Laut Bersih

Unggahan ini telah mendapatkan reaksi berupa 219 kali direpost, 523 kali disukai, dan 226 komentar.

Tangkapan layar

Tangkapan layar

==========================

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama @Andria75777 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seorang Kyai sepuh mendoakan pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran supaya menang dalam kontestasi Pemilu 2024. Namun di Tengah pembacaan doa, Kyai yang diketahui bernama KH Suyuti Toha tersebut jatuh pingsan diduga akibat faktor usia dan kelelahan. Akun Twitter @Andria75777 mengklaim bahwa Kyai tersebut telah meninggal dunia.

Setelah dilakukan cek fakta, kabar yang menyebut pengasuh Ponpes Mansyaul Huda Banyuwangi, KH Suyuti Toha meninggal dunia dibantah oleh KH Ahmad Wahyudi, pengasuh Pondok Pesantren Adz Dzikra yang di video tepat berada di belakangnya.

“Beliau sudah usia 83 tahun, jadi fisiknya memang tidak kuat. Apalagi beliau sangat cinta kepada Prabowo, sehingga berdoa dengan perasaan yang tinggi. Mungkin itu yang membuat beliau pingsan,” kata Wahyudi sebagaimana dikutip dari portal visi news.

Wahyudi menambahkan bahwa KH Suyuti Toha sudah sadar dan kondisinya membaik setelah dibawa ke tempat istirahat. Ia juga mengatakan bahwa tidak ada penanganan medis yang dilakukan, karena tidak ada keluhan kesehatan yang serius.

“Alhamdulillah, sekarang beliau sudah nyaman (sehat). Tidak ada (penanganan medis), karena beliau tidak ada keluhan apa-apa. Cuma memang lelah saja,” ujarnya.

Selain itu Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Banyuwangi, Sumail Abdullah seperti dikutip dari Kumparan mengatakan, kini kondisi Kiai Suyuti sudah membaik.

“Saya melihatnya mungkin kecapekan karena beliau siang-malam tanpa mengenal lelah berdoa. Kondisinya sekarang sudah membaik dan sudah beraktivitas kembali,” ujarnya.

REFERENSI:

(1) https://visi.news/beredar-di-medsos-kh-sayuti-toha-meninggal

(2)

https://m.kumparan.com/kumparannews/

(3)

https://gurindam.id/2024/01/28/cekfakta

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

128121
Users Last 30 days : 5554
Users This Month : 4450
Views This Year : 12633
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-02-22
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya