PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

[Benar] Mahasiswa Berperan Aktif Perangi Hoaks dan Bangun Optimisme Bangsa

Mencerdaskan & Memuliakan - Januari 27, 2024
[Benar] Mahasiswa Berperan Aktif Perangi Hoaks dan Bangun Optimisme Bangsa
Mahasiwa Universitas Bondowoso ( HIMA UNIBO)  - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID – Para Mahasiswa cerdas tangkal Berita Hoax di Era Disrupsi. Mahasiswa sebagai pengguna aktif media digital baik, mereka yang tergabung dalam Himpinan Mahasiswa Universitas Bondowoso ( HIMA UNIBO) gelar aksi damai di depan kampus mereka, awal bulan ini, menyerukan untuk menolak adanya kampanye hitam penyebaran hoaks.

Sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), sudah diatur ancaman seseorang yang dengan sengaja tanpa hak mendistribusikan informasi atau dokumen elektronik dengan muatan penghinaan, akan diancam hukuman paling lama enam tahun.

Sehingga, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus menggalang dan mengajak masyarakat, terutama mahasiswa, untuk secara aktif menangkal konten ujaran kebencian dan hoax di media sosial (medsos).

“Aksi damai kami lakukan karena merespons ramainya aksi mahasiswa yang membagikan selebaran ‘Tolak Politik Dinasti’ di 800 kampus di Indonesia,” kata koordinator aksi Astrid.

Menurut Astrid, mahasiswa jurusan keperawatan ini, kampanye hitam mengakibatkan rusak-nya kualitas demokrasi di Indonesia.

Dalam hal ini, kampanye hitam bisa berupa serangan ke salah satu pihak melalui penyebaran berita bohong atau hoaks, juga wacana yang tidak berdasarkan fakta.

Munculnya kampanye hitam dinilai dapat menimbulkan ancaman serius terhadap keamanan penyelenggaraan Pemilu 2024, sebab dapat menimbulkan reaksi yang tidak tepat dan berlebihan dari tim pasangan calon yang diserang sehingga berujung pada munculnya potensi gesekan antar masa pendukung pasangan calon.

“Kampanye hitam tentu sangat memprihatinkan dan berbahaya bagi pembangunan demokrasi ke depan. Sebab, warga masyarkat disuguhi informasi yang menyesatkan sebagai bahan pertimbangan mereka dalam memilih,” ujar Astrid.

Dalam orasinya, mahasiswa menegaskan keamanan dalam proses Pemilu adalah hal yang penting. Praktik-praktik kampanye hitam tentu merugikan siapa pun yang terkena serangan black campaign. Bagi masyarakat yang awam, khususnya golongan yang menelan mentah-mentah informasi yang berkembang.

Baca Juga  Belum Ramai Yang Tahu, Arti kata gurindam dalam kamus besar bahasa indonesia

“Media sosial menjadi wadah penyebaran narasi kebencian. Peran media massa lah yang harus selalu objektif dalam memberikan pemberitaan dan bersikap netral dalam Pemilu 2024,” pungkasnya.

Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Gerakan anti hoaxs terus gencar dilaksanakan, salah satunya Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sukses gelar Pelatihan Cek Fakta dan Deklarasi Mahasiswa Anti Hoax

Mahasiswa sebagai kaum intelektual, memiliki peran yang signifikan untuk melawan kampanye hitam. Kampanye ini harus diperangi karena berisi narasi provokatif yang menyesatkan pemilih.

Praktik kampanye hitam, lanjut dia, merusak hakikat demokrasi. Mahasiswa pun mesti secara kritis memerangi aksi tersebut lewat berbagai sarana, termasuk media sosial.

Deklarasi Mahasiswa Anti Hoax ini memuat empat poin yang kemudian dibacakan dan diikuti oleh seluruh peserta Pelatihan Cek Fakta. Berikut merupakan empat poin yang dibacakan.

  1. Kami mahasiswa indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Kami mahasiswa indonesia berjanji tidak menyebarkan Hoax, menghargai perbedaan pendapat dan hak pilih orang lain.
  3. Kami mahasiswa indonesia akan selalu kritis dan bijak dalam melakukan saring dan sharing informasi dan berita.
  4. Kami mahasiswa siap menjadi garda terdepan untuk memerangi Hoax.
Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137752
Users Last 30 days : 2499
Users This Month : 118
Views This Year : 26239
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.141.244.153
Server Time : 2024-05-03
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya