PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

[HOAKS] Seluruh Warga Menolak Kampanye Politik Prabowo-Gibran

Mencerdaskan & Memuliakan - Januari 27, 2024
[HOAKS] Seluruh Warga Menolak Kampanye Politik Prabowo-Gibran
Hoax klaim warga menolak kampanye Prabowo-Gibran - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Beredar sebuah video yang menarasikan bahwa seluruh warga di suatu wilayah menolak kampanye politik dari pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Video tersebut beredar di platform sosial media YouTube dengan judul sebagai berikut: “NEKAT MASUKI KANDANG ANIES: SELURUH WARGA TOLAK KAMPANYE POLITIK GIBRAN DAN PRABOWO.”

Adapun video dengan klaim warga menolak kampanye Prabowo-Gibran tersebut diunggah oleh akun YouTube bernama Suara Rakyat pada 15 Januari 2024.

Akun tersebut menuliskan bahwa masyarakat di suatu daerah menolak keras kampanye Prabowo-Gibran karena wilayahnya mendukung pasangan calon nomor urut 1 yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

Pantauan media, video tersebut telah mendapat views sebanyak 2,940 dan 18 komentar dari netizen.

Lantas, apakah benar terdapat sebuah penolakan dari warga atas kampaye paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran? Berikut hasil penelusurannya.

Setelah menyaksikan keseluruhan video dari laman

Suarakarya

klaim yang tampak dalam video adalah pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Gibran yang ditolak oleh masyarakat untuk melaksanakan kampanye politik di daerahnya.

Menurut klaim, masyarakat menolak kampanye Prabowo-Gibran karena wilayah tersebut merupakan wilayah yang secara tegas mendukung pasangan calon nomor 01 Anies-Muhaimin.

Setelah penelusuran lebih lanjut, narasi yang tampak di dalam video tersebut tidak sesuai dengan klaim yang ada pada judul video.

 

Hal itu karena pengunggah justru membahas mengenai pertanyaan yang Gibran sampaikan kepada Cak Imin mengenai SGIE pada acara debat wakil presiden yang berlangsung pada 22 Desember 2023.

Selain itu, narator juga menyampaikan terkait tanggapan Syaugi Alaydrus selaku Ketua Timnas Pemenangan AMIN untuk Pemilu 2024 seperti yang ia sampaikan pada wawancara dengan detiknews.

Baca Juga  Batalyon Kesehatan TNI Rawat Korban Gempa Sulbar, Wujud Kasih Untuk Rakyat Dari Patriot Bangsa

Selain itu, terdapat potongan video dalam konten tersebut yang tidak mendukung klaim yang tertera dalam judul maupun thumbnail.

Di dalam video berdurasi 8 menit tersebut pengunggah menggunakan potongan video milik KOMPASTV yang berisikan acara Halal Bihalal dengan Relawan Jokowi yang berlangsung pada 14 Mei 2023.

Dari hasil penelusuran di atas, dapat tersimpulkan bahwa video dengan klaim warga menolak kampanye Prabowo-Gibran adalah tidak benar atau hoaks.

Unggahan tersebut tidak menunjukkan adanya penolakan dari warga terhadap kampanye paslon nomor urut 2. Pengunggah justru menampilkan beberapa momen saat debat cawapres pertama berlangsung.

Selain itu, narator juga menyertakan video tanggapan Syaugi Alaydrus selaku Ketua Timnas Pemenangan AMIN untuk pemilu 2024.

Referensi

Youtube/watch

https://cekfakta.com/focus/15537

Detik.com/pemilu

Gurindam.id/cek fakta

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136468
Users Last 30 days : 3406
Users This Month : 1552
Views This Year : 24425
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.230.143.213
Server Time : 2024-04-12
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya