PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Sejarah Singkat Berdirinya TBM Anambas Cerdas

Mencerdaskan & Memuliakan - Oktober 29, 2021
Sejarah Singkat Berdirinya TBM Anambas Cerdas
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor Redaksi

Anambas, Gurindam.id -Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Anambas Cerdas yang berlokasi di Arung Hijau, Desa Tiangau, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki sejarah mengagumkan dari Pengurus TBM tersebut.

Pengurus TBM Anambas Cerdas, Hendri menuturkan TBM Anambas Cerdas berdiri karena keinginan orangtuanya untuk merubah kegiatan anak-anak muda pada masa itu yang awalnya hanya duduk di pinggir pantai menjadi rajin membaca untuk menambah wawasannya.

“Dulu ditahun 2011 hingga 2014 di Desa Tiangau ini belum ada listrik, sehingga ketika hari libur, biasanya anak-anak muda disini menghabiskan waktu dengan duduk bersantai di pinggi pantai sambil mendengarkan musik, dari situ orangtua saya tergerak untuk merubah kebiasaan anak-anak muda yang pada kala itu hanya duduk termenung, menjadi suka membaca, maka dengan modal sekitar 100 an buku yang kita ambil dari buku yang pernah kita baca ketika masa kuliah dulu, terbentuk lah Taman Bacaan ini,” jelasnya.

Lanjut Ia menceritakan, dulunya TBM Anambas Cerdas belum memiliki tempat sendiri, yakni hanya menumpang di Taman Kanak-Kanak (TK) yang sekarang posisinya berada di lantai bawah TBM.

“Ketika kami menumpang di TK tersebut, kami berusaha untuk mendapatkan izin operasional dari Dinas Pendidikan, lalu kami minta surat izin domisili dari Desa, sampai jual tanah bapak saya waktu itu, dan Alhamdulillah usaha kami berhasil,” ujar Hendri.

Akhirnya, setelah usaha dan kerja keras dirinya dan orangtuanya, TBM Anambas Cerdas kini sudah mulai dikenal oleh masyarakat, serta anak-anak muda yang dulunya hanya duduk-duduk saja menikmati angin pantai, kini wawasannya sudah bertambah semenjak mengenal buku, bahkan, Walikota Pekanbaru juga sempat menyumbangkan buku ke TBM tersebut.

“Kita berharap dengan terbentuknya TBM ini, masyarakat bisa menghabiskan waktunya dengan kegiatan yang bermanfaat, serta bisa membuat anak-anak muda mendapatkan pengetahuan serta wawasan karena membaca buku-buku di TBM”. harapnya. (FR).

Baca Juga  Wakil Bupati Anambas Tinjau Pemasangan Kabel Bawah Laut Di Anambas
Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 3 9 7 8
Users Today : 44
Users Yesterday : 53
Users Last 7 days : 378
Users Last 30 days : 1666
Users This Month : 1445
Users This Year : 16486
Total Users : 83978
Views Today : 61
Views Yesterday : 81
Views Last 7 days : 568
Views Last 30 days : 2619
Views This Month : 2298
Views This Year : 23987
Total views : 137690
Who's Online : 0
Your IP Address : 18.206.14.36
Server Time : 2022-06-25
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya