PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Anambas Surga Destinasi Wisata Alam: Abdul Haris, Kalender Event Pariwisata 2023

Mencerdaskan & Memuliakan - Februari 24, 2023
Anambas Surga Destinasi Wisata Alam: Abdul Haris, Kalender Event Pariwisata 2023
Abdul Haris SH.MH. selaku Bupati Kepulauan Anambas mengenakan baju batik ketika menyerahkan buku promosi wisata kepada Duta Besar United States Of America (USA) untuk Indonesia di Jakarta, Senin (23/5/2022)  - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

ANAMBAS – Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris terus bekerja maksimal membantu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pariwisata di daerahnya agar bisa berdaya bersiang dengan negara-negara lain dalam hal menarik kunjungan wisman.

Kekayaan sumber daya alam dengan gugusan pulau-pulau yang dimiliki Kepulauan Anambas menjadi moda untuk membangkitkan pariwisata daerah terdepan Indonesia itu.

Menurutnya, keindahan sumber daya alam Anambas berpotensi untuk dikembangkan sebagai industri pariwisata.

Bahkan menurut Abdul Haris, jika dikembangkan dan dikelola dengan baik, wisata baharinya dapat menjangkau wisatawan domestik hingga mancanegara untuk nantinya berkunjung kesana.

Dengan kepemilikan 255 pulau dan 70 pulau yang berpenghuni, pihaknya memastikan akan melakukan pengembangan melalui pembangunan infrastruktur wisata secara berkelanjutan.

“Potensi alam kita Anambas ini sudah indah maka dari itu kita terus mengupayakan pembangunan pariwisata di daerah ini,” ucap Bupati Abdul Haris S.H M.H ketika menjemput Kajari Natuna Surayadi Sembiring, S.H, M.H, bersama rombongan mengunjungi pembangunan landasan bandara Letung.

Menurut Bupati Kepulauan Anambas, potensi dan arah pengembangan pariwisata di Anambas itu ekowisata bahari, wisata kuliner. Selain itu, dampak majunya wisata tentu berefek kepada kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah Kepulauan Anambas juga telah berkomunikasi dengan Sekretaris Deputi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) untuk dapat berkunjung ke kabupaten termuda di Provinsi Kepri.

“Untuk pengembangan potensi pariwisata bahari itu, kita mengundang Pak Menparekraf Sandiaga Uno, agar datang dan berkunjung ke Anambas,” ujar Abdul Haris.

Terlebih katanya, dengan letak geografis Kepulauan Anambas yang berbatasan dengan perairan tiga negara.

Yakni, Malaysia, Vietnam dan Thailand potensi itu sangat berpeluang untuk mendatangkan pemasukan bagi daerah.

Karena di wilayah ini, gerbang pintu masuknya negara-negara dunia. Dilihat di peta itu, kita dikelilingi negara-negara tetangga.”Itu artinya mempunyai kesempatan yang luar biasa untuk kita kembangkan pariwisata,” urainya.

Baca Juga  Bupati Abdul Haris Pemimpin Mendegarkan Suara Rakyat Dengan Hati

Lebih rinci, Bupati Anambas Abdul Haris menyebut, sebagian negara-negara khususnya Indonesia saat ini tengah fokus pada pengembangan sektor pariwisata, lantaran hal itu juga dapat menjaga keseimbangan alam, seperti halnya di Kepulauan Anambas.

Baginya jika hal itu dapat dilakukan dengan baik, maka industri sektor pariwisata di sana, dapat memberikan kontribusi untuk daerah dan juga masyarakat.

“Karena industri pariwisata ini sangat menjanjikan untuk kelestarian lingkungan, maka semua kabupaten dan kota bahkan negara di seluruh dunia juga sekarang membangun pariwisata, sebab pariwisata itu menjaga alam.” terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya pun kini tengah mengupayakan untu mendatangkan investor dari luar agar masuk ke Kepulauan Anambas.

Bupati Anambas berfoto dengan anak-anak PAUD

Kalender Wisata Anambas 2023

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meluncurkan kalender wisata tahun 2023 dengan berbagai kegiatan pariwisata.

“Kita tahun ini masuk ke dalam “check point Rally Yacht”, dan telah mempersiapkan beberapa hal untuk menyambut kegiatan tersebut,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas, Ramadiana.

Pemerintah daerah telah menyusun rangkaian agenda kegiatan di antaranya, pada 3 Maret 2023 semarak wisata budaya Pulau Pangeran, 16 sampai dengan 21 Maret STQ tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas, 14 April lomba gapura Idul Fitri, tanggal 2 sampai dengan 5 Juni Festival Padang Melang FPM 2023, pada tanggal 25 Juni Semarak Anambas, 18 Agustus festival layar jongkong Kecamatan Siantan Timur dan pada 26 Desember Pekan Raya Kute Siantan Bedelau.

Selanjutnya, pemerintah setempat juga telah melakukan persiapan pelaksanaan Rally Yacht yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara.

“Persiapan kurang lebih telah 30 persen, dan kita tengah menunggu hasil lelang EO, karena nantinya kita akan menggandeng EO untuk mensukseskan acara itu,” kata Ramadiana.

Baca Juga  Bupati Bandung Barat Segera Diadili Terkait Pengadaan Bansos Covid-19

Ia menjelaskan, pelaksanaan Rally Yacht akan disejalankan dengan Festival Padang Melang karena kapal peserta dalam kegiatan tersebut direncanakan akan bersandar di sekitar lokasi festival.

“Festival itu disamakan tanggalnya dengan Rally Yacht, karena kita ingin memeriahkan kedua kegiatan tersebut di Anambas,” katanya.

Pihaknya juga akan melibatkan berbagai pihak, tidak terkecuali UMKM masyarakat sekitar, dan akan banyak rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam mendukung Festival Padang Melang.

“Ada banyak rangkaian kegiatan yang akan digelar, karena target kita selain wisatawan domestik juga wisatawan mancanegara,” kata Ramadiana.

Ia berharap rencana kegiatan dapat berjalan dengan lancar, karena dapat meningkatkan perekonomian daerah dan akan menjadi agenda rutin setiap tahun.

(Adv)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

138627
Users Last 30 days : 1766
Users This Month : 993
Views This Year : 27530
Who's Online : 1
Your IP Address : 66.249.66.22
Server Time : 2024-05-20
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya