PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Cen Sui Lan Tegaskan Radar Canggih MS-2 Natuna Segera Direalisasikan

Mencerdaskan & Memuliakan - Februari 10, 2023
Cen Sui Lan Tegaskan Radar Canggih MS-2 Natuna Segera Direalisasikan
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia DPR RI Asal Kepri, Cen Sui Lan bakal segera menyelesaikan pembangunan pelabuhan FTZ Tanjung Moco, Kota Tanjungpinang - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

JAKARTA– Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan, kembali mendesak program pengadaan radar canggih MS-2 yang rencananya dibangun di Natuna agar segera direalisasikan.

Hal itu disampaikan Cen Sui Lan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Kepala BMKG, Prof DR Dwikorita Karnawati dan Kepala Basarnas Marsekal Madya Hendri Alpiandi, di ruang rapat Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (8/2) kemarin.

 

Cen Sui Lan mengatakan, penyediaan radar canggih MS-2 di Natuna ini bertujuan untuk mendukung keberadaan Flight Information Region (FIR), yang sudah diambil alih oleh negara Indonesia dari Singapura. Serta sebagai fungsi ekonomi dan pertahanan.

“Pengadaan radar canggih MS-2 di Natuna itu harus mengcover radius (coverage) 600 KM,” sebut Cen Sui Lan.

Cen meminta kepada Kepala BMKG itu agar pengadaan program radar canggih MS-2 di Natuna, ini harus segera direalisasikan. Karena hampir 2 tahun lalu, sudah diprogramkan. Bahkan gedung untuk fasilitas radar canggih tersebut, sudah selesai dibangun.

“Dari penjelasan beliau, memang menggunakan dana pinjaman luar negeri. Dan pada tahun 2022 lalu, alat-alat radar canggih sudah datang. Tapi pihak negara pemberi pinjaman mengirim radar dengan coverage 350 Km,” ungkap Penasehat IKA Lemhanas Provinsi Kepri itu.

“Ini jauh dari kebutuhan kita, dan kita tolak. Tahun anggaran 2023 ini, pengadaannya kita split (dipisahkan), untuk memudahkan paketnya,” tambah dia.

Pengadaan radar canggih ini sebelumnya juga pernah disampaikan Cen Sui Lan pada pertengahan tahun 2022 lalu.

Berdasarkan data BMKG, Cen Sui Lan mengungkapkan, dari dana pinjaman luar negeri itu, pagu (2023) di BMKG sekitar Rp460 miliar. Jumlah itu khusus pinjaman dari luar negeri. Tapi yang ditargetkan atau yang diperlukan BMKG, sekitar Rp389 miliar.

Baca Juga  Panglima TNI Bersama Kapolri tinjau Vaksinasi Prajurit TNI dan Anggota Polda Kepri

Selain membahas anggaran, Cen Sui Lan juga sudah Cen Sui Lan melakukan kunjungan kerja pengawasan ke Kabupaten Natuna, awal Maret 2022 lalu.

Cen Sui Lan didampingi Guswanto selaku Deputi BMKG pusat, meninjau langsung lokasi lahan untuk pembangunan gedung BMKG Natuna.

Gedung BMKG untuk sarana penyediaan radar MS-2 tersebut dibangun pada tahun anggaran 2022. Dana pusat yang dialokasikan sebesar Rp15 miliar.

 

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

128252
Users Last 30 days : 5449
Users This Month : 4581
Views This Year : 12826
Who's Online : 1
Your IP Address : 3.235.145.108
Server Time : 2024-02-24
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya