PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Cen Sui Lan Pertanyakan Anggaran BMKG Soal Radar MS-2 di Natuna

Mencerdaskan & Memuliakan - Juni 5, 2022
Cen Sui Lan Pertanyakan Anggaran BMKG Soal Radar MS-2 di Natuna
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID- Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menanyakan ke BMKG pusat terkait anggaran pengadaan radar jenis MS-2. Prihal itu dirinya menanyai langsung kepada Kepala BMKG pusat tentang anggaran pembangunan radar MS-2.

“Saya cemas jika tidak dianggarkan BMKG pusat pada tahun anggaran 2023 nanti,” ungkap Cen saat rapat dengar pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Kepala BMKG dan Kepala Basarnas, Selasa (31/5/2022).

Dikatakan Cen pada tahun 2021 lalu, Komisi V dan BMKG sudah membahas pinjaman luar negeri untuk pembangunan radar MS-2. Sampai saat ini, belum dapat seperti updatenya.

“Ini saya pertanyakan, karena menyangkut juga dengan pembangunan radar di Provinsi Kepri,” urai dia.

Berdasarkan data BMKG, dari dana pinjaman luar negeri itu, pagu (2023) di BMKG sekitar Rp460 miliar.

“Jumlah ini khusus pinjaman dari luar negeri. Tapi yang ditargetkan atau yang diperlukan BMKG, sekitar Rp389 miliar,” jelas Cen, Sabtu (4/06/2022) lalu.

” Apakah sisanya itu dikembalikan ke luar negeri? Pinjaman dari luar negeri itu kan biasanya ada bunganya. Nah, ini yang perlu saya minta penjelasannya,” sebut Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan khawatir, jika pengembalian atau bunga dana pinjaman di pagu anggaran 2023 BMKG pusat itu, akan mengurangi kegiatan pada BMKG. Termasuk peniadaan pembangunan radar MS-2 di Ranai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Cen Sui Lan menilai, data pagu tahun anggaran 2023 di BMKG itu agak aneh. Seperti sumber dana rupiah murni untuk kegiatan layanan informasi gempa bumi ditujukan 208 orang, dengan pagu Rp1,950 miliar. Kini, ditargetkan 2.880 orang, dengan hanya peningkatan dana mencapai Rp2,7 miliar. Peningkatan dana Rp1 miliar, justru menjadi 2 ribuan orang. Begitu juga dengan beberapa kegiatan lain, dengan pagu yang ‘aneh’.
” Kok peningkatan 100 persen, orangnya menjadi ribuan. Makanya saya pertanyakan juga soal pagu untuk pembangunan radar MS-2 di Natuna, Kepri ini,” tegas Cen.

Baca Juga  Ikan kerapu dari Laut Natuna Utara Primadona Ekspor saat Pandemi

Pada saat RDP tersebut, Cen Sui Lan sempat membandingkan program kegiatan Basarnas pusat. Ia menilai, dengan anggaran yang kecil, Basarnas bisa menjalankan program yang banyak dan tepat sasaran.

Cen Sui Lan mengapresiasi atas kinerja Basarnas, dan berharap bisa menjadi contoh bagi lembaga dan kementerian lainnya.

Sebelumnya, Cen Sui Lan melakukan kunjungan kerja pengawasan ke Kabupaten Natuna, awal Maret 2022 lalu. Cen Sui Lan didampingi Guswanto selaku Deputi BMKG pusat, meninjau langsung lokasi lahan untuk pembangunan gedung BMKG Natuna. Gedung BMKG untuk sarana penyediaan radar MS-2 tersebut akan dibangun pada tahun anggaran 2022 ini.

” Pembangunan gedung tersebut dilakukan pada tahun anggaran 2022 ini. Dana pusat yang dialokasikan sebesar Rp15 miliar. Laporan Pak Guswanto, proyek bangunannya masuk tahap lelang,” terang Cen.

Gedung untuk penempatan radar MS-2 ini dibangun di lahan seluas 1 hektare. Setelah gedung itu dibangun, akan digunakan untuk penempatan radar MS-2.

” Untuk pengadaan radar MS-2 ini, juga lagi diproses. Radar yang disediakan tahun anggaran 2023 tersebut, berteknologi canggih. Selain sebagai dukungan terhadap FIR juga berfungsi kemaritiman dan fungsi pertahanan,” tutur Cen.

(Dia)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137269
Users Last 30 days : 3001
Users This Month : 2353
Views This Year : 25466
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-04-23
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya