PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Netfid Gandeng AMSI Sulbar Gelar Sekolah Demokrasi

Mencerdaskan & Memuliakan - November 12, 2022
Netfid Gandeng AMSI Sulbar Gelar Sekolah Demokrasi
Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Barat (Sulbar) Anhar didaulat menjadi narasumber pada Sekolah Demokrasi - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

MAMUJU – Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Barat (Sulbar) Anhar didaulat menjadi narasumber pada Sekolah Demokrasi yang digagas Network for Indonesia Democratic Society (Netfid).

Kegiatan berlangsung di Hotel Cempaka, Mamuju. Jumat (11/11/2022). Netfid merupakan lembaga masyarakat yang telah resmi menjadi lembaga pemantau pemilu untuk Pemilu 2024.

Dikesempatan itu Anhar menyampaikan, demokrasi memerlukan berbagai syarat, antara lain kebebasan pers.

“Kemerdekaan pers adalah bagian penting tegaknya demokrasi,” kata Anhar.

Pers kata Anhar, adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi.

“Baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia,” tuturnya.

Anhar menuturkan, sebagai pilar demokrasi pers di Pemilu 2024 punya peran penting untuk meningkatkan partisipasi masyarakat sekaligus mewujudkan pemilu berkualitas.

“Pers harus menjaga integritas dan bersikap independen dalam melakukan peliputan pemilu. Bersikap adil dengan memberi kesempatan yang sama kepada semua peserta pemilu dan transparan, memperhitungkan dan mencegah risiko buruk yang bisa ditimbulkan oleh pemberitaan yang tidak profesional dan tidak menaati Kode Etik Jurnalistik, serta Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran. Pers wajib memberitakan pesan pendidikan tentang pemilu dan rekam jejak para calon dalam pilkada, pemilu legislatif dan pemilu presiden,” jelasnya.

Anhar menjabarkan, dalam mendorong partisipasi masyarakat di Pemilu 2024, keterbukaan data daftar pemilih wajib untuk dilakukan. Pers berperan penting untuk menyampaikan informasi ke masyarakat dalam mendapatkan informasi tentang partai politik dan para kandidat peserta pemilu.

“Swing voters dan Pemilih pemula. Bagaimana kecenderungan pilihan politik mereka? Apakah mereka sudah memutuskan pilihan politiknya atau belum dan mengapa? Pantau hasil-hasil jajak pendapat berbagai lembaga,” ungkapnya.

Baca Juga  Negara Berjanji Akan Berikan Kemudahan pendidikan dan pekerjaan Keluarga KRI Nanggala-402

(Dia)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

096025
Users Last 30 days : 1409
Users This Month : 1273
Views This Year : 1917
Who's Online : 0
Your IP Address : 206.189.147.3
Server Time : 2023-01-28
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya