PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Pendekatan Kepada Orangtua Jadi Cara Dinkes Anambas Untuk Capai Target Imunisasi

Mencerdaskan & Memuliakan - Juni 30, 2022
Pendekatan Kepada Orangtua Jadi Cara Dinkes Anambas Untuk Capai Target Imunisasi
 - (Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes PPKB Anambas, Lizawati)
RajaBackLink.com
Editor Redaksi

ANAMBAS, GURINDAM.ID -Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Anambas masih terus berupaya untuk mencapai target dalam pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Lizawati menyebutkan, dalam mencapai target tersebut, pihaknya melakukan berbagai metode untuk mengajak para orangtua mau melaksanakan imunisasi kepada anak-anaknya.

“Sebelum melaksanakan kegiatan imunisasi tentunya kita sosialisasi dan pendekatan terlebih dulu kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi bagi anak-anak, lalu selanjutnya kita laksanakan imunisasi di sekolah-sekolah dan Posyandu yang ada di Anambas,” sebutnya, Kamis (30/06/2022).

Ia mengatakan, meski sudah dilakukan sosialisasi dan pendekatan, tetap ada orangtua yang tak mengizinkan anaknya untuk mengikuti imunisasi.

“Orangtua yang menolak tetap ada, namun tidak banyak. Karena kita lakukan imunisasi di sekolah, maka ada surat persetujuan yang dilayangkan kepada para orangtua siswa. Tetapi jika orangtua tidak mengizinkan, kami tidak bisa berbuat banyak,” ujar Liza.

Tak hanya itu, dikarenakan Anambas merupakan daerah Kepulauan, para Imunisator juga mengalami kendala yang salah satunya yaitu jarak dari satu pulau ke pulau yang lain memiliki waktu tempuh yang cukup lama.

Liza menuturkan, salah satu daerah yang menjadi kendala pihaknya yakni di Kecamatan Siantan Selatan, selain sinyal yang belum memadai, jarak tempuh yang harus dilalui juga jauh, sehingga capaian imunisasi di Siantan Selatan sedikit terhambat.

“Seperti di Siantan Selatan, selain faktor cuaca yang membuat tim tidak bisa berangkat kesana, jarak tempuhnya juga cukup jauh. Ditambah lagi ketika tim tiba disana, ada anak yang kondisinya sedang sakit sehingga tidak bisa disuntik, sedangkan untuk kembali lagi kesana perlu waktu yang cukup lama,” tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Liza juga mengajak para orangtua yang belum melaksanakan imunisasi kepada anaknya untuk segera melakukan imunisasi, karena menurutnya, imunisasi penting untuk tumbuh kembang anak-anak. (FR)

Baca Juga  Sinergi Dengan DISHUB LH Anambas, Dinas PUPRPRKP Jadikan Desa Belibak Sebagai TPS3R
Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 6 5 6 2
Users Today : 5
Users Yesterday : 50
Users Last 7 days : 756
Users Last 30 days : 1885
Users This Month : 921
Users This Year : 19070
Total Users : 86562
Views Today : 7
Views Yesterday : 78
Views Last 7 days : 1086
Views Last 30 days : 2989
Views This Month : 1318
Views This Year : 28040
Total views : 141743
Who's Online : 0
Your IP Address : 54.36.149.47
Server Time : 2022-08-12
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya