PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Kalangan Akademisi Nilai Sosok Cen Sui Lan Layak Jadi Cawagub Kepri

Mencerdaskan & Memuliakan - April 6, 2024
Kalangan Akademisi Nilai Sosok Cen Sui Lan Layak Jadi Cawagub Kepri
Bersama para mahasiswa kepri politik negeri Batam - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

KEPRI – Cen Sui Lan sosok Politisi Wanita dimiliki masyarakat kepri telah dikenal mengakar rumput provinsi Kepulauan Riau.

Cen Sui Lan tak cuma menjadi pembicaraan di kalangan pemerintah desa, ketika diharapkan maju ke Pilgub Kepri. Akademika dan kalangan perguruan tinggi pun salut dengan sepak terjang Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri.

 

Di kalangan elit politik, nama Cen Sui Lan disebut-sebut ‘gagal’ pada Pemilu Legislatif 2024 lalu. Walaupun perolehan suara Cen Sui Lan berada di urutan kedua terbanyak di Dapil Kepri. Bahkan, lebih banyak dari perolehan suara beberapa orang caleg yang duduk di DPR RI hasil Pemilu 2024. Penyebabnya, Golkar hanya meraih 1 kursi. Sehingga, Cen Sui Lan tak duduk di DPR RI, meski perolehan suaranya signifikan.

 

Sadar atau tidak, perolehan suara Cen Sui Lan sangat berpengaruh pada perolehan 1 kursi Partai Golkar Dapil Kepri, untuk DPR RI itu. Bisa dibayangkan, jika bukan Cen Sui Lan yang menjadi Caleg pendongkrak Rizki Faisal. Itu di kalangan elit politik. Tapi di kalangan masyarakat dan dunia kampus, Cen Sui Lan sudah berbuat banyak untuk pembangunan. Perolehan suara Cen Sui Lan pada Pemilu 2024, merupakan pilihan rakyat. Bukan endorse penguasa negeri maupun mesin politiknya.

 

“Bagaimana pun, kita salut dengan sepak terjang Bu Cen Sui Lan selama ini. Belum lagi perhatian dia untuk kampus. Betapa banyak fasilitas kampus di Provinsi Kepri ini yang mendapat bantuan dari aspirasi Bu Cen Sui Lan. Baik STAI Tanjungpinang, STAIN di Bintan, bahkan perguruan tinggi di Batam,” sebut Roby, seorang akademika kampus di Pulau Bintan.

Baca Juga  Puluhan Karung Daging Busuk Dimusnahkan Polsek Palmatak

 

Ketika nama Cen Sui Lan didorong untuk maju di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Roby berpendapat, sah-sah saja. Bahkan diyakini, bisa mendorong pembangunan Kepri ke arah yang lebih maju.

 

“Apakah nanti Bu Cen Sui Lan berpasangan dengan Pak H Muhammad Rudi atau dengan calon lain, itu bukan ranah kami dari kalangan perguruan tinggi. Itu kan kebijakan koalisi partai,” ucap Roby.

 

“Yang pasti, Bu Cen Sui Lan sangat-sangat kecil untuk jadi calon gubernur. Kalau Bu Cen calon wakilnya (wakil gubernur) di Pilkada Kepri, itu pas banget,” sambungnya.

 

Pada kesempatan lain, DR Fransiskus Irwan Widjaja Ketua Sekolah Tinggi Teologi (STT) Real Batam berpendapat, sosok Cen Sui Lan bukan hanya menjadi pendamping dan mewakili kaum perempuan untuk di lembaga DPR RI dan sebagai wakil rakyat. Tapi, kiprah Cen Sui Lan selama ini, bisa menutupi keseimbangan pembangunan di luar Batam.

 

“Sepak terjang Bu Cen selama ini, sudah mengambil hati atau membuktikan kerja yang tulus kepada peduduk pesisir dan pulau-pulau di luar Kota Batam,” ujar Irwan Widjaja.

 

“Kalau beliau ikut Pilgub Kepri dan menang saat Pilkada, selain keterwakilan perempuan, Bu Cen Sui Lan juga akan sangat menguntungkan. Bisa membawa investor dari Tiongkok dan beberapa negara, untuk membangun daerah-daerah wilayah Kepri yang potensi,” tambahnya.

 

 

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

138523
Users Last 30 days : 1784
Users This Month : 889
Views This Year : 27382
Who's Online : 0
Your IP Address : 182.0.235.34
Server Time : 2024-05-18
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya