PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

(CEKFAKTA) Hari ini Beredar Hasil Perolehan Suara di Luar Negeri, KPU Pastikan Hoax

Mencerdaskan & Memuliakan - Februari 9, 2024
(CEKFAKTA) Hari ini Beredar Hasil Perolehan Suara di Luar Negeri, KPU Pastikan Hoax
Screenshot video beredar di medsos - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI buka suara terkait beredarnya hasil pemungutan suara di luar negeri. KPU memastikan hal tersebut merupakan hoax atau tidak benar.

Berdasarkan gambar yang diterima media, Kamis (8/2/2024), dalam gambar tersebut terlihat hasil perolehan pemungutan suara di luar negeri. Terlihat dalam gambar tersebut pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di enam negara, diantaranya, Malaysia, Taipei, Singapura, Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi.

Sementara itu, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berada di urutan kedua di enam negara itu. Sedangkan, pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md ada di urutan terakhir.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari membantah sudah ada publikasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 di luar negeri.

Hasyim mengatakan, jika pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal (early voting) dibandingkan dalam negeri.

Kata dia, pemungutan suara dilakukan dengan tiga metode yakni TPS, pos, dan kotak suara keliling.

Namun, penghitungan suara pemilu di luar negeri dilakukan bersamaan dengan waktu penghitungan suara pemilu dalam negeri yakni pada 14 Februari-15 Februari 2024.

Dengan demikian bila sudah ada publikasi hasil penghitungan suara LN (luar negeri) sebelum 14 Februari 2024, kami pastikan itu adalah tidak benar,” ujar Hasyim dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/2/2024).

Dengan demikian, Hasyim menegaskan jika ada publikasi hasil penghitungan suara LN yang muncul sebelum 14 Februari, maka dipastikan tidak benar.

(Dia)

Link kounter

https://www.google.com/amp/s/www.kompas

https://beritajatim.com/cek-fakta

Baca Juga  [CEKFAKTA] Polisi Tetapkan Palti Hutabarat Jadi Tersangka Dugaan Penyebaran Hoax
Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

141489
Users Last 30 days : 1483
Users This Month : 821
Views This Year : 31767
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.238.121.7
Server Time : 2024-07-18
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya