PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

[SALAH] Mantan Menteri Keuangan Pakistan, Miftah Ismail, Menyalahgunakan Dana Pinjaman IMF

Mencerdaskan & Memuliakan - Januari 15, 2024
[SALAH] Mantan Menteri Keuangan Pakistan, Miftah Ismail, Menyalahgunakan Dana Pinjaman IMF
Tangkapan layar shortcut - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID- Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti resmi atau video yang menunjukkan Miftah Ismail mengatakan hal demikian.

Tangkapan layar shortcut

Tangkapan layar shortcut

Berita

(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Alih-alih memberikan kelegaan kepada masyarakat dengan uang yang diterima dari IMF, Pakistan sekarang justru membayar hutang ini dengan inflasi, di mana didistribusikan diantara media dan setiap anggota PDM. Miftah Ismail”.

HASIL CEK FAKTA

Akun Twitter @mannan_qureshi_ (Abdul Mannan Qureshi) mengunggah foto yang menunjukkan mantan menteri keuangan Pakistan, Miftah Ismail, memberikan pernyataan terkait dana pinjaman Pakistan kepada IMF.

Mannan Qureshi juga menambahkan bahwa Miftah Ismail memberikan dana pinjaman negara dari IMF untuk para media dan anggota partai PDM, alih-alih digunakan untuk membantu masyarakat. Cuitan dan foto tersebut diunggah pada 26 Desember 2023.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. AFP Fact Check menerjemahkan foto yang diunggah @mannan_qureshi_, yang menunjukkan pernyataan Miftah Ismail dalam Bahasa Urdu. Melansir dari artikel AFP, pernyataan tersebut berbunyi sebagai berikut:

“The loan taken from the International Monetary Fund (IMF) was not used to give relief to the masses but it was distributed among the media and every member of the Pakistan Democratic Movement (PDM)”.

Pernyataan di foto tersebut sejalan dengan klaim yang diberikan @mannan_qureshi_ di cuitannya. Namun, Miftah Ismail sendiri juga memberikan klarifikasi melalui cuitan pribadi nya yang mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar dan beliau tidak pernah berkata demikian. Klarifikasi tersebut telah dilihat hampir 300,000 kali.

Selain itu, setelah dilakukan pencarian di Google terkait pernyataan Ismail Miftah tersebut, hasilnya banyak menunjukkan artikel debunk dan tidak ada berita valid yang mendukung pernyataan Ismail Miftah mengenai penggunaan dana pinjaman IMF yang dibagikan ke media dan PDM.

Baca Juga  [CEKFAKTA] Cen Sui Lan Dilaporkan Ke KPK Soal Pembangunan Pelabuhan Roro, Ini Faktanya

 

Lebih lanjut, foto Miftah Ismail yang dipakai @mannan_qureshi_ pada cuitannya diambil dari salah satu artikel berita Dawn yang berjudul “Miftah Ismail says PTI laying ‘landmines’ for next govt” dan tidak ada hubungannya dengan distribusi dana pinjaman dari IMF.

Dengan demikian, informasi yang diberikan @mannan_qureshi_ merupakan konten yang menyesatkan.

 

KESIMPULAN

Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti resmi atau video yang menunjukkan Miftah Ismail mengatakan hal demikian.

 

Rujukan:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34946PA

twitter

https://www.dawn.com/news/1679987

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137681
Users Last 30 days : 2681
Users This Month : 47
Views This Year : 26132
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-05-02
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya