PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Mantan Kajati Kepri Gerry Yasid Saksikan Rekor MURI Pagoda Sata Sahasra Buddha

Mencerdaskan & Memuliakan - Juli 8, 2023
Mantan Kajati Kepri Gerry Yasid Saksikan  Rekor MURI Pagoda Sata Sahasra Buddha
Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Gerry Yasid SH.MH, sekaligus bacaleg DPD RI Dapil Kepri menghadiri peresmian Pagoda - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

TANJUNGPINANG – Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Gerry Yasid SH.MH, sekaligus bacaleg DPD RI Dapil Kepri menghadiri peresmian Pagoda Tertinggi di Indonesia. di komplek Vihara Avalokitesvara, Jalan WR. Supratman Kilometer 14, Kota Tanjungpinang, Sabtu (8/7/2023).

Tidak hanya megah dan kokoh Pagoda ini juga di daulat sebagai Rekor Muri Indonesia.

Dua rekor MURI tersebut diserahkan secara simbolis oleh Direktur Operasional MURI Yusuf Ngadri kepada pengelola Pagoda Sata-Sahasra Buddha (Yayasan Maitri Paramitha) Hengky Suryawan.

Dua rekor MURI yang diraih  Pagoda Sata-Sahasra Buddha itu, yakni rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia (46,80 meter) dan rekor MURI pemasangan keramik dinding motif patung Buddha sebanyak 20.708 keping.

Direktur Jendral (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Binmas) Buddha Kementerian Agama RI, Supriyadi, mewakili Menteri Agama RI Yaqut Cholil, mengatakan pagoda yang dibangun ini sebagai tempat persembahan dan selain itu dapat dipakai sebagai tempat peribadatan.

Pagoda ini tidak hanya untuk beribadah umat Buddha. Bangunan megah tersebut juga disiapkan untuk menambah destinasi wisata baru di Kepri.

Di dalamnya para pengunjung bisa melihat langsung, puluhan ribu wajah patung yang terpasang di setiap sisi bangunan. Belum lagi, patung dewa-dewa suci yang berdiri kokoh untuk umat buddha beribadah terdapat di pagoda tersebut.

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Gerry Yasid SH.MH, sekaligus bacaleg DPD RI Dapil Kepri menghadiri peresmian Pagoda

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Gerry Yasid SH.MH, sekaligus bacaleg DPD RI Dapil Kepri menghadiri peresmian Pagoda

Gerry Yasid Kepada Gurindam Id memberikan catatan terus menjalin keharmonisan terus maju untuk Indonesia maju, terkait semangat kebhinekaan telah terpelihara sejak lama, dimana Bangsa Indonesia dan Keragamannya baik dari segi agama, warna kulit, suku bangsa, bahasa, yang kemudian menjadikannya sebagai bangsa majemuk dan berdaulat.

Baca Juga  Suku Laut Siap Berjuang Digaris Depan Bersama Gerry Yasid For DPD RI

Hal ini dapat dilihat dari menuju detik-detik kemerdekaan hampir seluruh anak bangsa yang tergabung dari berbagai suku turut memperjuangkan kemerdekaan.

Para tokoh bangsa sendiri kemudian menyadari tantangan yang harus mereka hadapi karena kemajemukan tersebut.

“Keberagaman ini kemudian menjadi realitas yang tak dapat dihindari adanya. KeBhinnekaan sebagai sebuah hakikat realitas yang sudah ada dalam bangsa, sedangkan ke-Tunggal-Ika-an merupakan cita-cita kebangsaan,” kata Gerry sembari ucapkan salam Bahagia.

Sementara itu, Ketua Permabudhi Kepri, Hengky Suryawan, mengatakan Pagoda Sata-Sahasra Buddha yang memiliki tinggi sekitar 46,90 meter, saat ini merupakan pagoda tertinggi di Indonesia.

Selain itu sambungnya, pagoda yang memiliki 9 lantai ini, juga mendapatkan rekor Muri dengan pemasangan keramik motif Buddha terbanyak.

“Kita buatkan seluruh provinsi namanya di pagoda tersebut jadi ini bisa untuk kenang-kenangan untuk seluruh Indonesia,” kata Hengky.

Ia mengatakan proses pembangunan Pagoda Sata-Sahasra Buddha memerlukan waktu sekitar tujuh tahun, dimulai pada Juni 2016 dan rampung pada Juni 2023 dengan anggaran sekitar Rp100 miliar.

Pagoda tersebut terdiri dari sembilan lantai dengan panjang 52,00 meter, lebar 32,00 meter, dan tinggi 46,80 meter. Dinding bangunan menggunakan 20.708 keramik motif patung Buddha yang dipesan dan dicetak khusus dari pabrik di China.

Hengky menyebutkan pada peresmian ini dihadir 100 bhante, 80 bhante dari Indonesia dan 20 bhante dari luar negeri. Karena ini adalah momen yang bersejarah untuk kota Tanjungpinang.

Disisi lain Dirjen Binmas Budha Kementerian Agama Drs. Supriyadi menyampaikan apresiasinya terkait peresmian Pagoda tertinggi dan terbesar di Indonesia yang menciptakan rekor MURI.

“Sangat luar biasa sekali, ini merupakan Pagoda terbesar dan tertinggi di Indonesia sampai menerima rekor MURI, tentunya saya mengapresiasi para donatur dan pengurus yang mampu menciptakan hal ini,” ujarnya.

Baca Juga  Komjen Agus Andrianto: Polri Sambut Baik Peluang Kerjasama Dengan Negara Panama

Ia juga menambahkan dari acara ini terlihat keberagaman dan toleransi antar umat beragama yang sangat baik di Kepri Khusunya sebagai contoh disini hadir para pemuka agama.

“Tamu undangan yang saya liat ada yang beragama muslim juga, kerukunan ini harus terus di jaga untuk meningkatkan solidaritas,nasionalisme dan kerukunan seluruh umar beragama,” tuturnya.

Sangat kompak terlihat keberagaman, toleransi antar umat beragama dangan contoh ada para pemuka agama yang hadir.

“Jadikan pagoda sebagai pusat kegiatan keagamaan, tempat meditasi, penghormatan, dan penyembahan, sehingga muncul motivasi dan spirit yang tinggi bagi umat beragama Budhha,” kata Supriyadi.

Turut hadir dalam silaturahmi tersebut Dirjen Binmas Budha Kementerian Agama Drs. Supriyadi, Ketua Umum Permabudhi Dr. Philip K. Widjaja, Anggota DPR RI Cen Sui Lan, Kepala Kanwil Kemenag Kepri Mahbub Darjanto, Anggota DPRD Provinsi Kepri Asmin Patros, DPRD Provinsi Kepri Boby Jayanto, Anggota DPD RI Haripinto Tanuwidjaja dan mantan Kajati Kepri Gerry Yasid dan tamu undangan.

(Rk)

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

140011
Users Last 30 days : 1470
Users This Month : 805
Views This Year : 29497
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-06-18
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya