PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Bersama Kades Tarempa Selatan, Bupati Anambas Resmikan BUMDesa Gunung Samak

Mencerdaskan & Memuliakan - September 15, 2022
Bersama Kades Tarempa Selatan, Bupati Anambas Resmikan BUMDesa Gunung Samak
 - (Bersama Kades Tarempa Selatan, Bupati Anambas Resmikan BUMDesa Gunung Samak)
RajaBackLink.com
Editor Redaksi

ANAMBAS -Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas bersama Kepala Desa Tarempa Selatan meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Gunung Samak, Kamis (15/09/2022) di Jalan Sukarno Hatta, Nomor 9, Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Siantan, Kaharuzzaman, Staff Ahli Bupati Anambas, Akmalruzzaman, Sekretaris Disperindagkop Anambas, Herry Fakhrizal, Lurah Tarempa, Syamsyir, Ketua DPPP Anambas, Rovanialdi, serta Ketua Kadin Anambas, Muh. Nasrul Arsyad.

Kepala Desa Tarempa, Surianto menjelaskan, tujuan dari dibentuknya BUMDesa Gunung Samak salah satunya meningkatkan perekonomian masyarakat dalam bidang peternakan khususnya di Desa Tarempa Selatan.

“Sesuai amanat dari Pemerintah, tujuan kita sederhana, yaitu mengurangi angka kemiskinan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa, khususnya di Desa Tarempa Selatan,” jelasnya.

Surianto menuturkan, BUMDesa Gunung Samak memiliki beberapa program, yakni peternakan telur bebek Ngendog Bahagia dan peternakan lele Panen Terus.

“Program BUMDesa saat ini yaitu peternakan telur bebek dan juga peternakan lele, kami bekerja sama dengan tim teknis dari Dinas Pertanian, Perikanan, dan Pangan (DPPP) Anambas menyerahkan bibit bebek petelur kepada 14 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan sekarang sudah bisa di panen,” tuturnya.

“Untuk peternakan lele, kita berupaya menghasilkan bibit sendiri, karena apabila kita terus membeli bibit dari Tanjungpinang, maka modal yang dikeluarkan peternak menjadi lebih mahal dengan berbagai resiko selama pengiriman,” lanjut Surianto.

Kata Surianto juga, nantinya lele-lele yang sudah panen akan di distribusikan ke para penjual pecel lele di Tarempa, sehingga para penjual tersebut akan mengambil lele dari BUMDesa Gunung Samak dengan tetap mengikuti harga pasar.

Dikesempatan yang sama, Ia juga berharap dukungan dari Pemerintah Daerah dalam pengembangan BUMDesa Gunung Samak.

Baca Juga  Babinkamtibmas Polsek Palmatak Pantau Pemilihan PAW Kades Batu Ampar

“Tentunya kami berharap adanya dukungan dari Pemerintah Daerah dalam pengembangan BUMDesa Gunung Samak,” harap Surianto.

Sementara itu, Bupati Anambas, Abdul Haris menyebutkan, bahwa program-program yang dimiliki oleh BUMDesa Gunung Samak merupakan salah satu hal yang sangat bagus dalam membantu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Sebab, Ia menilai masyarakat Desa Tarempa Selatan memiliki banyak inovasi dan dedikasi yang tinggi dalam mengembangkan suatu usaha.

“Melihat hal tersebut, saya tadi sempat berbincang dengan Kepala Bank Riau Kepri Syariah untuk memberi dukungan kepada para UMKM yang ada, dan Alhamdulillah dijawab oleh Kepala Bank Riau Kepri Syariah bahwa pihaknya memiliki program pinjaman tanpa bunga,” sebut Haris.

Terakhir, Abdul Haris berharap dengan adanya BUMDesa Gunung Samak, masyarakat-masyarakat yang ada di Desa Tarempa Selatan bisa ikut diberdayakan serta meningkatkan tenaga kerja dan perekonomian masyarakat. (FR)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 9 5 9 1
Users Today : 27
Users Yesterday : 57
Users Last 7 days : 230
Users Last 30 days : 1710
Users This Month : 1431
Users This Year : 22099
Total Users : 89591
Views Today : 40
Views Yesterday : 92
Views Last 7 days : 382
Views Last 30 days : 2637
Views This Month : 2200
Views This Year : 32768
Total views : 146471
Who's Online : 0
Your IP Address : 154.26.137.127
Server Time : 2022-09-24
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya