PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Ramadhan, Momentum Penguatan Moral Wartawan (Bagian 1)

Mencerdaskan & Memuliakan - April 4, 2022
Ramadhan, Momentum Penguatan Moral Wartawan (Bagian 1)
 - (Asril Masbah)
RajaBackLink.com
Editor Redaksi

Oleh : Asril Masbah

Ramadhan dan Wartawan, adalah dua kata yang memiliki hubungan keterkaitan yang sangat erat. Tentunya, jika ditelaah dari persprektif jurnalisme garis kanan.

Ramadhan, merupakan bulan suci bagi Ummat Islam yang di dalamnya terkandung nilai- nilai tarbiyah. Diantaranya, pada bulan ini, Allah SWT menurunkan Al- Qur’an sebagai pusat rujukan dalam menjalankan kehidupan. Turunnya Al- Qur’an, bahkan tidak terbatas kepada Ummat Islam saja, namun ditujukan secara universal bagi seluruh ummat manusia.

Al – Qur’an, dalam fungsinya pada konteks ini adalah sebagai petunjuk dan pembeda, mana yang haq dan mana yang bathil. (QS Al- Baqoroh, ayat 185.)

Korelasi antara Ramadan dan Wartawan terletak pada ayat yang turun pertama. Ada muatan perintah untuk membaca dalam ayat tersebut. Membaca alam dan seisinya, baik yang tersurat maupun yang tersirat. Sampai pada titik manusia mengenal Allah SWT. (QS: Al ‘Alaq, ayat 1-5).

Pada ayat yang turun pertama itulah proses membaca dan menulis sebuah kebenaran dimulai untuk penyempurnaan. Penyempurnaan hukum dan akhlaq yang paling utama.

Baca Juga  Mubha Kahar Muang: Thailand Dahulu Bernama Siam
Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

093134
Users Last 30 days : 1623
Users This Month : 129
Views This Year : 38694
Who's Online : 3
Your IP Address : 167.88.50.7
Server Time : 2022-12-02
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya