PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Dari Anambas ke Provinsi, Ini Alasan Maskur dan Pesan Nasrul Bursa Calon Sekda Kepri

Mencerdaskan & Memuliakan - September 4, 2021
Dari Anambas ke Provinsi, Ini Alasan Maskur dan Pesan Nasrul Bursa Calon Sekda Kepri
Dr Masykur ST. MM - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Delapan pejabat meramaikan Bursa Seleksi Pencalonan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepulauan Riau (Kepri).

Satu diantara delapan Pejabat itu dia adalah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Dr Masykur ST. MM dinyatakan lolos seleksi adminitrasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau Calon Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Ketika ditanya tentang alasan maju dalam bursa pencalonan, Doktor lulusan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu, dia menjawab, Ini kesempatan lebih jauh untuk mengabdikan diri berbuat lebih baik lagi demi ibu pertiwi khusus Provinsi Kepri.

Semua aparatur sipil negara (ASN) selalu bercita-cita mencapai puncak tertinggi dari kariernya dalam dunia birokrasi.

“Saya patut bersyukur karena ada perwakilan Natuna-Anambas yang bisa lolos pada tahapan itu, tentunya kita memiliki cita-cita yang sama untuk lebih lagi berbuat baik,” ungkap Masykur kepada Gurindam.id Sabtu (4/9/2021) siang.

“Setelah dinyatakan lulus itu kami harus menuangkan ide atau konsep besar kami sebagai seorang calon sekretaris daerah,” sebut Masykur.

Pada tahapan ini, setiap peserta diminta untuk menulis makalah yang berisi ide-ide atau konsep untuk membantu kerja kepala daerah.

Maskur sendiri sudah memiliki konsep dasar yang akan dituangkannya dalam makalah.

Dimana dirinya sebelum bertugas di Kabupaten Anambas dia bermula mengabdikan diri menjadi ASN di Natuna.

“Nah, setelah menulis makalah, kami akan menjalani assestmen, pihak pansel akan memilih, tiga nama yang nantinya akan menjadi pertimbangan pimpinan, satu diantaranya berhak dipilih, ” jelas Masykur.

Dalam assestmen tersebut, setiap peserta akan dites bagaimana menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi ketika menjabat sebagai Sekdaprov Kepri.

Jika lulus melewati tahapan yang satu ini, setiap peserta akan menghadapi tahapan selanjutnya, yakni mempresentasikan makalah tersebut di hadapan Tim Pansel.

Baca Juga  Sambut HUT TNI ke 76 Pangkoarmada II Pimpin Upacara Ziarah Di TMP Prawira Reksa Pekalongan

Maskur memastikan keinginannya untuk mengikuti Seleksi Pencalonan Sekdaprov Kepri ini merupakan keputusan bebas tanpa ada tekanan apapun.

Namun, dia tidak memungkiri kalau mereka tentu mendapat dukungan dari sebagai pemimpin mereka.

Dia meyakini, jika Allah merestui langkahnya dan Gubernur Kepri  mau menerimanya, maka dia pasti mencapai jabatan yang menjadi puncak karier itu.

“Kalau tidak maka saya tentu tidak jadi,” tegas mantan Asisten II Pemkab Anambas itu.

Untuk diketahui, Dr. Masykur, ST. MM akan bertarung dengan tujuh pejabat handal di Provinsi Kepri dan dari sejumlah Kabupaten Kota di Kepulauan Riau antara lain,

Drs Adi Prihantara (Sekda Bintan), H. Jefridin, M.Pd (Mantan Sekda Batam), Misbardi. S.Sos (Internal Provinsi Kepri), Misni, SKM, M.Si (Internal Provinsi Kepri), Raja Azmansyah. S.Sos MT (Batam), Drs. Sardison. M.TP (Internal Provinsi Kepri), Drs. Yusfa Hendri, M.Si (Batam).

Data gurindam🆔

Muh. Nasrul Arsyad SE. M. Si 

Tempat terpisah Tokoh Muda Prov Kepri Muh. Nasrul Arsyad merespon baik atas lolosnya satu dari Tujuh Calon anak negeri yang berasal dari pulau Natuna-Anambas.

Dirinya berikan opini soal sosok yang layak untuk menempati posisi Sekda Provinsi Kepri harus memiliki empat hal.

Pertama, harus nyambung dan mempunyai chemistry (hubungan) tinggi dengan Gubernur Kepri tinggi yang dimaksud mampu terjemahan harapan negeri.

Lalu yang kedua, siapapun Sekda terpilih nanti harus menjadi seorang pemimpin bagi seluruh birokrat yang ada di Provinsi Kepri.

“Bisa membina dan bisa mewakili, tidak harus tua menurut saya dan tidak harus juga yang pernah berpengalaman. Karena buat apa kalau memang pengalamannya kurang bagus,” ucap Nasrul yang juga Ketua Kadin Anambas.

Ketiga, lanjut Nasrul, Sekda harus bisa menjadi jembatan antara Pemerintah Provinsi Kepri dengan legislatif dalam hal ini DPRD.

Baca Juga  Sambut BIAN 2022, Presiden Ri dan Menkes Berkunjung ke Tanjung Pinang

Karena dalam prakteknya, Sekda sangat berperan terkait dengan anggaran maupun pembuatan peraturan daerah (Perda).

”Untuk itu juga seorang Sekretaris Daerah kedepannya itu juga harus bisa menjadi jembatan atau bisa menjembatani antara keinginan Gubernur dengan kebutuhan masyarakat yang di wakili oleh DPRD Kepri,” jelas Nasrul.

Keempat, tegas Nasrul, menginginkan agar Sekda ke depan bisa bekerja secara profesional sesuai dengan tupoksinya.

Tidak terpengaruh dengan kepentingan-kepentingan politik dan lebih mengedepankan kepentingan masyarakat.

Sekretaris Daerah mempunyai tugas membantu pimpinan dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tatalaksana serta memberikan pelayanan administratif kepada seluruh perangkat daerah.

“Saya kira ini Empat hal yang memang harus dimiliki Sekda ke depan. Siapapun yang memiliki keempat hal ini, maka dia paling layak menjadi sekda Kepri,” pungkasnya.
(Dia)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 3 9 8 5
Users Today : 51
Users Yesterday : 53
Users Last 7 days : 385
Users Last 30 days : 1673
Users This Month : 1452
Users This Year : 16493
Total Users : 83985
Views Today : 69
Views Yesterday : 81
Views Last 7 days : 576
Views Last 30 days : 2627
Views This Month : 2306
Views This Year : 23995
Total views : 137698
Who's Online : 0
Your IP Address : 18.206.14.36
Server Time : 2022-06-25
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya