PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Wan Zuhendra Ikuti Verifikasi APE Tahun 2021 secara Virtual

Mencerdaskan & Memuliakan - April 1, 2021
Wan Zuhendra Ikuti Verifikasi APE Tahun 2021 secara Virtual
Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, didampingi Ketua DPRD KKA, Hasnidar dan Sekretaris Daerah KKA, Sahtiar, SH.MM.  - (Gurindam.id/Istimewa)
RajaBackLink.com
Editor admin

Anambas, Gurindam.id –  Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra turut menyaksikan verifikasi lapangan Anugerah Parahita Ekaparya (APE) secara virtual yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia di Ruang Media Centre Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Selasa (30/03/21).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Wan Zuhendra menyampaikan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah saat ini, keadilan gender merupakan aspek yang sangat penting dan harus direspon dalam setiap aktivitas pembangunan. Hal ini merupakan salah satu tujuan utama pembangunan global bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama dan dapat dilibatkan secara optimal dalam pembangunan dengan mengedepankan prinsip-prinsip kesetaraan sebagai salah satu komitmen bersama.

“Maka keadilan gender harus menjadi kebijakan dalam pelaksanaan pembangunan daerah bahkan tuntutan tersebut semakin dirasakan oleh kita bersama,” ujar Wan Zuhendra.

Wan juga menyebutkan bahwa keadilan gender dijadikan salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan pembangunan di suatu daerah, hal ini dapat dilihat dari indek pembangunan manusia, indek pembangunan gender, indek pemberdayaan gender.

Selain itu, pemerintah daerah juga mendorong keterlibatan dunia usaha dan lembaga masyarakat untuk mendukung percepatan pelaksanaan penyetaraan gender di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kami akan berkomitmen untuk mewujudkan kepulauan anambas yang berdaya saing maju dan berakhlakul karimah (anambas Bermadah) yang responsip pada kesetaraan gender,” tambahnya.

Verifikasi itu bertujuan guna melihat lebih lanjut terkait data dan informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi, sehingga tim verifikasi dapat memperoleh data dan informasi yang lebih kongkrit dan valid sebagai bahan  pertimbangan dan penyusunan indek persamaan gender dalam menentukan calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serata memenuhi kebutuhan anak.  penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas komitmen serta peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalal upaya mewujudkan keserataan dan keadilan Pengarusutamaan gender (PUG).

Baca Juga  Charles Sitompul Ketua Terpilih AMSI Kepri periode 2021-2024

Tampak hadir Ketua DPRD Hasnidar,  Sekretaris Daerah Sahtiar, Asisten II, Kepala OPD, Camat Siantan, Ketua TP PKK, Kepala Desa Tarempa Selatan dan LSM. (gr/rls)

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

134718
Users Last 30 days : 5872
Users This Month : 5670
Views This Year : 22145
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-03-29
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya