PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Bupati Meninggal karena Covid, Wakil Ditahan KPK, Pimpinan Pemerintah Kosong

Mencerdaskan & Memuliakan - Maret 9, 2021
Bupati Meninggal karena Covid, Wakil Ditahan KPK, Pimpinan Pemerintah Kosong
 - (Johan ditahan hingga 29 Desember mendatang. Sesuai jadwal, Kamis (10/12/2020) pelimpahan tersangka dan barang bukti ke KPK)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Kabupaten Ogan Komering Ulu mengalami kekosongan kepemimpinan setelah bupatinya, Kuryana Azis, meninggal setelah 11 hari dirawat di RS Charitas, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (8/3/2021).

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) non aktif, Johan Anuar.

Johan ditahan hingga 29 Desember mendatang. Sesuai jadwal, Kamis (10/12/2020) pelimpahan tersangka dan barang bukti ke KPK.

“Johan Anuar ditahan di Rutan Polres Jakarta Pusat mulai hari ini. KPK telah melakukan penyerahan tersangka dan barang bukti korupsi pengadaan tanah pemakaman umum di Kabupaten OKU ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (10/12/2020) lalu.

Johan sempat meminta izin keluar rumah tahanan untuk menghadiri pelantikannya sebagai Wakil Bupati OKU.

Terkait kekosongan kepemimpinan, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, pihaknya masih belum membahas karena masih sedang berduka.

“Belum layak untuk ngomong itu (Plt). Nanti setelah pemakaman baru dibahas karena masih berduka,” kata Herman saat menghadiri pemakaman Kuryana Azis, Senin.

Sebelumnya, Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Johan Anuar yang menjadi terdakwa dugaan korupsi lahan kuburan menghadiri pelantikan seorang diri tanpa didampingi oleh Bupati OKU terpilih Kuryana Aziz.

Sebab, Kuryana Aziz dikabarkan telah terpapar Covid-19 sehingga harus menjalani isolasi mandiri.

Dalam tayangan streaming YouTube Diskominfo Sumsel, terlihat Kuryana Aziz hanya hadir secara virtual.

Adapun Johan datang sendiri menggunakan pakaian dinas warna putih dan berdiri tegak di urutan kelima pasangan bupati dan wakil bupati yang hendak dilantik.

“Bupati OKU tak hadir karena sedang dalam isolasi mandiri, silakan kepada Bapak Kuryana untuk kembali beristirahat kembali (setelah dilantik),” kata Herman usai melantik enam bupati dan wakil bupati terpilih di Griya Agung Palembang, Jumat (26/2/2021).

Bupati Meninggal karena Covid, Wakil Ditahan KPK, Pimpinan Pemerintah Kosong

Juru Bicara KPK Ali Fikri

Awal Kasus Johan Anuar

Johan Anuar saat ini menjabat Wakil Bupati OKU non aktif dan kembali maju berpasangan Kuryana Aziz yang menjabat Bupati OKU non aktif.

Baca Juga  Dua pasien Covid-19 Varian Baru Delta Berhasil Disembuhkan

Mereka diusung oleh 12 parpol yang punya kursi di DPRD OKU, yakni PKS, PBB, PAN, Golkar, PKPI, PPP, Gerindra, Demokrat, PKB, PDIP, NasDem, dan Hanura. PSI dan Garuda, yang tak punya kursi di DPRD, ikut mendukung bakal paslon ini. Keduanya akan melawan kotak kosong dan diprediksi dapat memenangkan Pilkada 2020.

Johan Anuar merupakan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan tanah kuburan. Johan ditetapkan polisi sebagai tersangka dugaan korupsi tanah kuburan di OKU pada 2018. Dia kemudian melakukan gugatan praperadilan dan menang.

Polisi kembali menetapkan Johan sebagai tersangka pada kasus serupa pada awal Desember 2019. Johan Anuar kemudian mengajukan gugatan kembali karena tidak terima jadi tersangka, namun gugatan itu ditolak.

Johan ditahan setelah diperiksa untuk pertama kalinya sebagai tersangka pada 14 Januari 2020. Dia kemudian dibebaskan dari tahanan pada 12 Mei 2020 karena masa penahanan habis.

KPK kemudian mengambil alih penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan tanah kuburan yang bersumber dari APBD 2013 senilai Rp6 miliar dari Polda Sumsel. Kasus korupsi ini diduga mengakibatkan kerugian negara senilai Rp5,7 miliar.  (Kompas, RRI)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 7 5 1 5
Users Today : 46
Users Yesterday : 73
Users Last 7 days : 958
Users Last 30 days : 2453
Users This Month : 1874
Users This Year : 20023
Total Users : 87515
Views Today : 82
Views Yesterday : 83
Views Last 7 days : 1388
Views Last 30 days : 3693
Views This Month : 2699
Views This Year : 29421
Total views : 143124
Who's Online : 1
Your IP Address : 44.210.132.31
Server Time : 2022-08-19
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya