PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Waka DPRD Minta Hentikan Aktivitas Pembongkaran Makam Keramat

Mencerdaskan & Memuliakan - Februari 17, 2021
Waka DPRD Minta Hentikan Aktivitas Pembongkaran Makam Keramat
Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Ruslan Ali Wasim memimpin langsung Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait Pembongkaran Makam Tua Kramat Keturunan Sultan Murham yang dilaksanakan di Ruang Rapat Serbaguna DPRD Kota Batam, Rabu (17/2) siang. - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor Gafur id

BATAM, GURINDAM.ID – Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Ruslan Ali Wasim memimpin langsung Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait Pembongkaran Makam Tua Kramat Keturunan Sultan Murham yang dilaksanakan di Ruang Rapat Serbaguna DPRD Kota Batam, Rabu (17/2) siang.

Permasalahan ini dipicu akibat pihak PT. Goodworth Investment Batam yang membongkar Makam Tua tersebut menggunakan alat berat tanpa diketahui oleh pihak keluarga.

Wakil Ketua II DPR Kota Batam, Ruslan Ali Wasim pun mengatakan bahwa mereka siap menganggarkan dana kepada Disbudpar demi melestarikan Makam Kramat tersebut, serta meminta kepada PT. Goodworth Investment Batam agar menghentikan kegiatan di sekitar Makam Kramat tersebut.

Koordinator dari Himpunan Melayu Raya (HI-MELAYA) Kota Batam, Hazarin Firda atau yang lebih akrab disapa Alin mengatakan, pertemuan hari ini dilakukan dengan tujuan menemukan titik terang terkait pembongkaran Makam Tua Kramat yang dilakukan oleh pihak PT. Goodworth Investment Batam pada 10 Febuari lalu.

“Kami ingin kebenaran yang sesungguhnya diungkapkan, hari ini harus menemui titik terang, kami disini tidak ingin memperjuangkan sesuatu yang tanpa dasar, tanpa kami melakukan pembuktian atau mengumpulkan fakta yang ada,” ujar Alin.

“Mungkinkah Orang Tua kita di depan sini berbohong dan mengarang cerita bahwa disitu memang ada makam leluhur mereka?, biar saya memberi tahu kepada Bapak bahwa, dulunya disana memang ada sebuah Kampung yang bernama Tanjung Batu, mereka semua lahir disana, Bapak bisa cek di KTP mereka,” jelasnya. Pihak dari Ahli Waris, Fatimah juga membenarkan bahwa mereka memang lahir di Daerah tersebut.

“Itu benar, saya asli dari Tanjung Batu, Sekupang Tanjung Riau. Itu adalah makam leluhur kami, makam Tok Bujang Sulung, keturunan dari Sultan Murham, makam itu sudah ada sejak ratusan tahun lalu,” tegasnya.

Baca Juga  Pemko Batam Tambah Anggaran PSPK Menjadi 2,3 Miliar

Namun, pihak dari PT. Goodworth Investment Batam, Muga menjelaskan bahwa makam tersebut sudah di pindahkan sejak 2018 lalu. “Makam tersebut sudah kami pindahkan sejak tahun 2018 lalu, kami juga memberikan kavling kepada warga sekitar,” jelasnya. Hal itupun langsung ditepis oleh pihak ahli waris.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata menyampaikan mereka akan segera membuat Tim Ahli Cagar Budaya (ACG) untuk mendata Makam Kramat tersebut.. (gf)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136831
Users Last 30 days : 2911
Users This Month : 1915
Views This Year : 24859
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-04-19
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya