Mahasiswa, Pelajar Pulau Panjang Kecamatan Subi, Natuna butuh internet Akses Pelajaran

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 28, 2020
Mahasiswa, Pelajar Pulau Panjang Kecamatan Subi, Natuna butuh internet Akses Pelajaran
ilustrasi - (Mencerdaskan & Memuliakan)

GURINDAM.ID- Mahasiswa asal Desa Pulau Panjang, Kecamatan Subi, Kabupaten Natuna, Medi, beserta 10 mahasiswa lainnya mengeluh terbatasnya jaringan Internet di wilayah tersebut saat mereka harus mengikuti perkuliahan secara online.

“Disini kami kesulitan saat mengikuti mata kuliah karena jaringan internet tidak lancar,” kata Medi saat dihubungi ANTARA, Senin.

Medi, mahasiswa semester 4 jurusan Informatika, Muhammadiyah, Pontianak itu juga berharap pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Natuna agar dapat memberikan solusi, supaya mereka dapat mengikuti proses perkuliahan online dengan baik.

“Kalau bisa secepatnya diperbaiki 4G nya,  karena kami ini sangat membutuhkan jaringan 4G untuk kuliah online,” pintanya.

Sebelumnya, mahasiswa di desa tersebut dapat mengikuti perkuliahan dengan baik sebelum fasilitas wifi kantor desa rusak, dan saat ini mereka telah terlanjur berada di pulau tersebut.

“Disini wifi ada, cuma tidak dapat akses internet, tidak berfungsi, kurang lebih sudah satu bulan,” terangnya.

Dengan kondisi tersebut, ia dan rekannya terpaksa berada di salah satu pinggiran desa hanya untuk mendapatkan jaringan internet dari daerah lain demi mengikuti mata perkuliahan secara online.

“Tidak ada dispensasi mengenai mata kuliah, tergantung dosen, kami mengikuti perkuliahan mulai Senin sampai Jum’at jam 7.30 WIB sampai sore,” kata Medi.

Hal itu dibenarkan staf Desa Pulau Panjang, Mirka Putra Usman, Ia mengatakan sejauh ini para mahasiswa Desa Pulau Panjang dan Desa Kerdau terpaksa harus berada di tepi pantai pada titik tertentu hanya untuk mencari jaringan internet dari pulau terdekat lainnya.

“Karna wifi  kantor desa dan  SMP kurang memadai untuk browsing,” kata Mirka.

Ia juga mengatakan, ada 9 orang mahasiswa Desa Pulau Panjang dan  tigaorang mahasiswa Desa Kerdau rutin berada ditempat tersebut.

Baca Juga  Hari ini 2 Kapal Evakuasi 46 Kantong pesawat Sriwijaya SJ-182

“Karena Kerdau ngambil jaringan Pulau Panjang juga,” kata Mirka.

Pesona Pulau Panjang Kabupaten Natuna

Pesona Pulau Panjang

Pulau Panjang merupakan salah satu pulau terkenal yang menyimpan pesona keindahan alam yang terletak di kecamatan Subi, Kabupaten Natuna, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke pulau ini karena selain keindahan alamnya, pulau ini juga sangat terjaga keasliannya.

Keaslian area Pulau Panjang tak lepas dari peran para penduduk setempat yang dengan setia merawat serta melestarikan pulau ini.

Tidak hanya untuk sekadar liburan, banyak pula kaum muda yang menghabiskan waktunya di sini untuk wisata edukasi atau melakukan kegiatan organisasi dan semua pengunjung tersebut selalu disambut dengan ramah dan senang hati oleh penduduk.

Karena pulau ini berdekatan dengan laut ALKI 1, sudah barang tentu terdapat pantai yang biasa digunakan untuk bermain atau bersantai menikmati keindahan hamparan laut.

Menurut penuturan beberapa penduduk setempat, pantai yang berada di balik pulau ini masih belum terjamah sehingga terlihat sangat alami.

Alur laut di Pulau Panjang juga cukup dalam sehingga tidak jarang aneka ikan sangat betah bermain di laut Pulau Panjang.

Pulau Subi Kecil dan pulau Subi Besar secara administratif merupakan bagian dari kecamatan Subi, kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau.

Kecamatan Subi terdiri atas 8 desa, yaitu Desa Subi, Desa Meliah, Desa Meliah Selatan, Desa Terayak, Desa Subi Besar, Desa Subi Besar Timur, Desa Pulau Panjang, dan Desa Pulau Kerdau. Desa Subi, Desa Meliah, Desa Meliah Selatan, dan Desa Terayak berada di wilayah Pulau Subi Kecil.

Desa Subi Besar dan Subi Besar Timur berada di Pulau Subi Besar, yang berada di seberang selatan Pulau Subi Kecil.

Baca Juga  Update Gempa Mamuju: Korban meninggal menjadi 34 orang

Dua desa sisanya, Desa Pulau Panjang dalam waktu dekat akan menjadi Kecamatan dan Desa Pulau Kerdau. (Rin)

Sumber: Antara

Tinggalkan Komentar

Close Ads X