Batam Doeloe dan Kini

Mencerdaskan & Memuliakan - Juni 25, 2020
Batam Doeloe dan Kini
Screenshoot foto Detty Ratna, saat mengajar anak-anak Batam  - (Mencerdaskan & Memuliakan)
Editor

Oleh: Edi Sutrisno, Dewan Redaksi Gurindam.id

Detty Ratna Setyati…berbalut kebaya lengkap dengan selendang, di hadapan murid2nya di Sekolah Dasar (SD) Budi Utama Seijodoh tahun 1972.

Detty, perempuan Sunda yang dipersunting warga Melayu tempatan ini, adalah segelintir guru pionir yang gigih mengabdikan dirinya untk memastikan keberlangsungan pendidikan anak-anak di perkampungan Seijodoh..

Di masa2 awal Seijodoh merangkak menjadi pusat pemukiman ini, mendirikan sebuah sekolah bukan perkara gampang. Bersama sejumlah karibnya, Detty harus berjuang keras dan mengarungi perjalanan panjang, sebelum akhirnya berhasil mendirikan Budi Utama yang kelak jadi SD swasta pertama di Pulau Batam…Kala itu memang, semua masih serba terbatas.

Namun beruntung, PT Inggram, kini Mc Dermott Indonesia mengulurkan bantuan dan akhirnya Budi Utama dapat membuka pintu dan memulai aktifitas belajar mengajar..

Sebab kekurangan guru, Detty yang bertindak sebagai kepala sekolah pun, sehari2 harus terjun mengajar.

Di masa2 awal bahkan, bule2 PT Inggram sekali waktu ikut turun mengajari murid2nya mata pelajaran eksklusif; bahasa Inggris..

Hingga kini SD Budi Utama masih eksis namun telah berhijrah ke Blok IV, pasca Jodoh terbakar hebat di tahun 1982.

Foto kanan, saya ambil tahun 2010. Tampak Detty, guru pejuang yg dah menua itu berdiri tegar di hadapan anak-anak didiknya..

Dah satu dekade saya tak lagi beranjangsana ke sana. Ah, semoga sang pahlawan tanpa tanda jasa itu tetap sehat dan bugar seperti sediakala…(*)

Baca Juga  Isdianto: Program Bantuan Insentif Untuk Mubaligh Terus Dilanjutkan

Tinggalkan Komentar

Close Ads X