PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Arab Saudi Resmi Gabung BRICS Inilah Unggulannya

Mencerdaskan & Memuliakan - Januari 3, 2024
Arab Saudi Resmi Gabung BRICS Inilah Unggulannya
Brazil, Rusia, India, China, Afrika Selatan (BRICS). - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Arab saudi resmi bergabung dengan blok ekonomi Brazil, Rusia, India, China, Afrika Selatan (BRICS). Hal ini diungkapkan langsung lewat TV Pemerintah Arab Saudi pada Selasa (2/1/2024).

Mengutip Reuters, Rabu (3/1), Menteri Luar Negeri Arab Saudi pada Agustus 2023 menuturkan bahwa Saudi akan mempelajari rinciannya sebelum usulan bergabung pada 1 Januari 2023 dan mengambil “keputusan yang tepat”.

Tak hanya itu, Pangeran Faisal bin Farhan juga mengatakan bahwa BRICS dapat menjadi jalan yang krusial untuk memperkuat kerjasama.

“(Kelompok BRICS merupakan) saluran yang bermanfaat dan penting [untuk memperkuat kerjasama ekonomi],” jelasnya.

Anggota BRICS sebelumnya termasuk Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Kini jumlah anggota akan bertambah dua kali lipat dengan Arab Saudi yang bergabung dengan Uni Emirat Arab, Mesir, Iran, dan Ethiopia sebagai anggota baru.

Adapun, Masuknya Arab Saudi terjadi di tengah ketegangan geopolitik antara Amerika Serikat (AS) dan China, serta perluasan pengaruh China dalam kerajaan tersebut.

Meskipun hubungan Arab Saudi dengan AS masih berlanjut dengan kuat, kerajaan tersebut semakin mengambil jalannya sendiri karena kekhawatirannya kurangnya komitmen dari Negeri Paman Sam terhadap keamanan Teluk dibandingkan di masa lalu.

China selaku pelanggan minyak terbesar Arab Saudi juga telah memimpin seruan perluasan BRIC untuk menjadi penyeimbang terhadap negara-negara Barat.

Perluasan ini dapat memperkuat kelompok negara-negara tersebut untuk menjadi pemimpin di negara-negara Selatan, walaupun Argentina pada November tahun lalu memberi sinyal bahwa mereka menolak ajakan untuk bergabung.

BRICS didirikan sebagai blok ekonomi oleh negara-negara dengan pertumbuhan tercepat, yaitu Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan.

BRICS telah memposisikan dirinya sebagai blok ekonomi dan alternatif terhadap G-7, blok ekonomi negara-negara paling maju, sejak pertemuan puncak pertama yang diadakan pada tahun 2009.

Baca Juga  Jalan Menuju Pemakaman Tidak Luput Perhatian Cen Sui Lan Bulan Ramadhan ini Tuntas Dikerjakan

Meskipun G-7 mewakili negara-negara Barat dan Utara yang maju, BRICS mewakili negara-negara maju di dunia. dunia non-Barat dan Dunia Selatan.

Meskipun tergolong baru, Brics sendiri sempat menghebohkan dunia lantaran memiliki kekuatan ekonomi yang bakal melebihi G7. Hal itu bisa didapatkan lantaran ada sejumlah kelebihan yang dimiliki olehnya.

1.BRICS diisi Negara Pemasok Bahan Mentah dan Jasa Manufaktur Terbesar Dunia

2.BRICS Dihuni Negara Penguasa Pasar Dunia

3.Memiliki PDB Global yang Lebih Tinggi

4.BRICS Banyak diminati Negara Dunia.

(Jrg)

 

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

138631
Users Last 30 days : 1565
Users This Month : 997
Views This Year : 27547
Who's Online : 1
Your IP Address : 103.113.134.66
Server Time : 2024-05-21
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya