PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Desak Anies dan Kwalitas Capres

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 29, 2023
Desak Anies dan Kwalitas Capres
Putra Bulukumba di kota New York, Amerika Serikat - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

Opini Oleh: Shamsi Ali

GURINDAM.ID- Dalam sejarah perpolitikan dunia, khususnya dalam konteks pemilihan presiden Indonesia bahkan dunia, baru kali ini saya mendapatkan ada capres yang sangat terbuka, tidak saja dalam melayani calon pemilih untuk bertatap muka dan silaturrahim. Tapi sekaligus bersedia untuk bertatap pikiran dan bersilatur fikri dengan para konstituen.

Berbagai acara pertemuan dan diskusi yang diadakan hampir di semua daerah yang dikunjungi dan dengan segala lapisan masyarakat, dari guru besar dan akademis, pebisnis dan pelaku ekonomi, hingga ke para diplomat, para pelajar dan mahasiswa, hingga dengan para perwakilan negara lain dilayani dengan sepenuh hati dan dengan profesionalitas yang tinggi.

Salah satu acara kampanye Amin (Anies-Muhaimin) adalah Acara Dialog terbuka dengan para konstituen (pemilih) yang disebut “Desak Anies” dan “Slepet Muhaimin”.

Acara ini sangat unik dan Istimewa karena belum pernah terjadi dalam sejarah pilpres di Indonesia, bahkan kemungkinan di negara lain juga. Do mana capres-cawapres begitu terbuka dan berani menghadapi calon pemilih secara langsung dan tanpa memilih-milih (reservasi).

Saya melihat acara Desak Anies dan Slepet Muhaimin ini memiliki makna penting, sekaligus penggambaran sesungguhnya tentang sang capres dan cawapres.

Kalau kita semua penuh antusias dengan debat Presiden dan Wakil presiden sebagaj ajang untuk menggali siapa dan apa tentang calon, sesungguhnya acara Desak Anies dan Slepet Muhaimin ini jauh lebih berkwalitas dan efektif.

Debat capres atau cawapres sangat formal dan penuh dengan batasan-batasan keprotokoleran. Semua serba terbatas. Dibatasi waktu, dibatasi oleh pertanyaan tertentu, dibatasi oleh siapa yang terlibat, dan juga dibatasi oleh subyek tertentu yang dibahas. Tapi acara Debat Anies dan Slepet Muhaimin berbeda dan istimewa.

Baca Juga  Bupati Anambas Sambut Asop Kasal serta Dankormar inilah Agenda Besarnya

Mereka yang hadir tidak diatur secara protokoler. Misalnya ditentukan oleh KPU atau institusi yang mengadakan.

Jika itu di universitàs maka semua mahasiswa punya hak untuk hadir dan dapat menyampaikan ide/pertanyaan jika kesempatan memungkinkan. Tidak tanggung-tanggung bahkan panitia mempersilahkan dari kalangan yang jelas menyatakan mendukung calon yang lain.

Pertanyaan juga tidak dibatasi untuk isu atau subyek tertentu. Tapi bersifat spontan dari pada hadirin untuk menyampaikan ide, pendapat, pertanyaan bahkan kritikan sekalipun. Dan semua itu akan dijawab dengan sepenuh hati dan kejujuran dan apa adanya oleh capres Anies Baswedan.

Acara Desak Anies di berbagai kota saya yakin telah merubah wajah pencapresan.

Dari Jakarta, ke Bandung, ke Samarinda, ke Pontianak, ke Medan, lalu ke Jogja, bahkan yang terakhir di Banyuwangi semuanya berjalan dengan penuh semangat dan keinginan masyarakat untuk langsung bertatap muka dan bertatap pikiran dengan calon pemimpinnya.

Acara Desak Anies di Banyuangi (juga di Lombok beberapa hari lalu) menjadi unik karena tidak seperti selama ini yang biasanga diadakan khusus untuk para pemuda/pemudi dan mahasiswa/mahasiswi.

Justeru acara di Banyuwangi ini dihadiri bahkan hampir oleh seluruh unsur masyarakat, khususnya para petani yang menjadi masyarakat luas di daerah itu.

Tapi barangkali yang paling menarik dari acara Desak Anies atau Slepet Muhaimin adalah ketika berhadapan dengan para pelajar dan mahasiswa di universitas.

Kita mengetahui bahwa Mahasiswa itu adalah unsur masyarakat yang sangat kritis dan pastinya dengan keterbukaan media banyak memahami realita yang sedang terjadi di negeri tercinta. Sehingga kehadiran Anies dan juga Muhaimin (di Universitàs Andalas Padang) menunjukkan sesuatu yang istimewa.

Kehadiran Anies dan Muhaimin itu juga menunjukkan bahwa mereka adalah paslon yang tidak saja punya kapasitas, wawasan dan penguasaan berbagai masalah bangsa dan negara.

Baca Juga  [HOAKS] Anies mundur dari Pilpres 2024 setelah ditetapkan jadi tersangka KPK

Sekaligus keberanian menghadapi warga, apapun dan siapapun mereka. Sekritis apapun mereka akan dihadapi dengan sikap bijak dan karakter kedewasaan yang merangkul dan solutif.

Dengan catatan singkat ini saya hanya ingin menyampaikan satu lagi kelebihan paslon Amin yang masih kita tunggu dari paslon yang lain.

Keberanian turun ke masyarakat mendengarkan dan merespon berbagai pertanyaan dan harapan warga, termasuk berdialog langsung dan terbuka dengan para mahasiswa dan aktifis.

Sehingga berbagai “concerns” dan keluhan warga yang selama ini membebani minimal mendapat jawaban yang memuaskan dan membawa harapan.

Tapi yang lebih penting lagi adalah acara Desak Anies dan Slepet Muhaimin ini menjadi pembeda yang jelas dan tegas dalam kampanye pilpres kali ini. Kalau kita lihat paslon lain masih saja senang dan nampak menikmati lempar-lempar kaos, bahkan bagi-bagi beras dan uang. Anies-Muhaimin memilki metode kampanye yang lebih profesional dan berintegritas.

Cara kampanye dengan lempar baju atau bagi sembako atau uang, selain kalau tidak salah melanggar aturan kampnye, juga sesungguhnya merendahkan sekaligus melecehkan minimal dua pihak. Satu, merendahkan masyarakat yang masih dinilai dengan hitungan rupiah di saat kampanye. Dua, melecehkan nilai demokrasi yang harusnya mengedepankan kapasitas dan integritàs.

Yang pasti satu lagi catatan penting dalam sejarah perjalanan bangsa bahwa dalam pilpres kali ini ada calon yang telah meruntuhkan mitos bahwa memilih itu hanya dengan alasan murah (tsmanan qaliila).

Rakyat selama ini seringkali dianggap akan memilih karena disuap dengan harga yang sangat murah.

Dengan “Desak Anies dan Slepet Muhaimin“, marwah dan kemuliaan rakyat lebih terjaga dan dihormati. InsyaAllah!

Manhattan, 28 Desember 2023

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136449
Users Last 30 days : 3387
Users This Month : 1533
Views This Year : 24398
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-04-12
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya