PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Perkuat Supply Chain Indonesia dan Hongkong Kerja Sama Baterai Lithium

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 28, 2023
Perkuat Supply Chain Indonesia dan Hongkong Kerja Sama Baterai Lithium
Bendera Hongkong dan Indonesia - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

BALI– Dalam memperkuat supply chain ekosistem baterai lithium di Indonesia. Pemerintah Indonesia melalui PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) bersama Hongkong CBL Limited (CBL) menjalin kerja sama melalui Penandatanganan Divestasi Proyek Baterai EV (Electric Vehicle).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan menyatakan bahwa itu merupakan kerja sama pertama di dunia yang mencakup tahapan dari tambang nikel hingga giga factory baterai cell dan pack, serta daur ulang.

“Selamat kepada Antam, CBL, dan IBC atas kerja sama investasi dalam supply chain ekosistem baterai lithium di Indonesia. Itu menjadi yang pertama di dunia, mencakup tahapan dari tambang nikel hingga giga factory baterai cell dan pack, serta daur ulang. Hal itu menjawab pertanyaan mengenai hilirisasi, di mana masih banyak yang dapat dilakukan di sini,” ujar Menko Luhut secara online, Bali, Kamis (28/12/2023).

Menko Marves Luhut menekankan pentingnya efisiensi dan kecepatan pengerjaan proyek mengingat persaingan global yang semakin ketat.

Dia juga menyatakan bahwa eksekusi proyek harus tetap mematuhi standar lingkungan dan ketenagakerjaan yang tinggi.

“Kita harus transparan dengan digitalisasi, dan eksekusi proyek ini harus menjadi contoh standar untuk proyek serupa di masa depan,” tambahnya.

Menko Marves Luhut menyatakan keterbukaan terhadap kritik mengenai isu lingkungan dan berkomitmen untuk melakukan perbaikan, termasuk meningkatkan mekanisme dan standar operasional prosedur (SOP). Dia juga menekankan pelatihan pegawai lokal untuk mengikuti teknologi tinggi.

“Kita harus memperhatikan standar lingkungan dan ketenagakerjaan yang berkualitas tinggi secara bertahap. Mari bangun kesepakatan bahwa pejabat yang terlibat harus transparan, sehingga Indonesia dapat menjadi contoh negara maju dan transparan,” tegas Menko Luhut.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan perlunya menerapkan standar lingkungan dan ketenagakerjaan yang disampaikan Menko Luhut.

Baca Juga  Cen Sui Lan Dalam Rapat Desak Dirjen BM Perintahkan Kepala BPJN Kepri Siapkan RC

“Selamat kepada tim ANTAM dan CBL. Implementasikan dengan baik standar lingkungan, rekruitmen tenaga kerja, dan upayakan meminimalisir risiko yang dapat merugikan,” kata Menteri Bahlil.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Direktur Utama ANTAM Nico Kanter, Direktur Pengembangan Usaha ANTAM I Dewa Wirantaya,

CEO of Ningbo CBL Tang Honghui, Chairman of CBL Li Changdong, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto, dan pihak terkait lainnya.

(Inf)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137681
Users Last 30 days : 2681
Users This Month : 47
Views This Year : 26132
Who's Online : 0
Your IP Address : 140.213.168.118
Server Time : 2024-05-02
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya