PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

FJL Semarakkan Peringatan Kemerdekaan di Kepulauan Anambas

Mencerdaskan & Memuliakan - Agustus 18, 2023
FJL Semarakkan Peringatan Kemerdekaan di Kepulauan Anambas
 - (Istimewa)
RajaBackLink.com
Editor Redaksi

Anambas, Gurindam.id – Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau ikut memeriahkan event menarik yakni Festival Jongkong Layar (FJL) yang diselenggarakan oleh Kecamatan Siantan Timur di Desa Nyamuk, pertandingan itu diikuti belasan nelayan dengan layar terkembang saling beradu cepat di laut Pantai Tanjung Karang Desa Nyamuk, Jumat (18/8/2023).

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH, MH mengatakan, festival jongkong layar merupakan tradisi yang unik yang dilakukan oleh nelayan Kecamatan Siantan Timur. Tradisi ini sudah rutin digelar tiap tahun oleh nelayan disana. Khususnya saat tiba musim angin selatan (angin kencang), nelayan istirahat sejenak untuk menggelar lomba semacam ini.

“Festival perahu layar ini pun kini tak hanya tradisi tapi sudah menjadi atraksi yang menarik bagi masyarakat dan menjadi destinasi baru bagi wisatawan,” ungkap Bupati Kepulauan Anambas, H. Abdul Haris,SH,MH ketika memberikan kata sambutan.

Festival ini pun, ungkap Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) juga bisa menjadi ajang hiburan dan refreshing untuk nelayan. Karena selama ini mereka hanya sibuk melaut.

“Disini mereka akan saling bertemu dan bergembira dalam sebuah festival,” ucapnya.

Festival ini diikuti oleh enam desa yang ada di Kecamatan Siantan Timur. Diketahui Desa Batu Belah menjadi juara bertahan setiap tahunnya.

Suami Heryana Abdul Haris, SH, MH melanjutkan, festival ini sangat baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Dengan adanya acara tersebut tentu dampak ekonomi bagi sektor lain juga bertambah. Pembukaan festival perahu layar ini berlangsung marak dan meriah. Masyarakat pun antusias menyaksikan festival ini.

“Saya mengapresiasi kepada seluruh masyarakat Siantan Timur yang telah menggelar acara festival yang baik ini,tuturnya.

Baca Juga  Tarempa Blackout, Ini Penjelasan Manager ULP PLN Anambas

Menurut Ketua Panitia Festival Jongkong Layar, Suhadi Kusumo Wijoyo sekaligus sebagai Camat Siantan Timur, festival ini dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT Kemri) ke 78 tahun. Peserta diikuti 6 desa nelayan.

Dalam festival ini, lanjut suhadi belasan nelayan akan beradu kecepatan menyebrangi selat laut Nyamuk dengan menggunakan jongkong tradisional.

“Mereka berlayar dengan menggunakan arus air dan tiupan angin menjadi penunjuk arah andalan nelayan untuk menentukan laju jongkong,” ujarnya.

Jongkong tradisional yang digunakan tanpa mesin, hanya menggunakan layar dengan ketinggian layar kisaran 2 meter ini pun mulai beradu. Jongkong hanya diisi satu orang pelomba, jarak tempuh jongkong kira-kira 1 mil.

“Siapa yang paling cepat sampai kembali di Pantai Tanjung Karang dia yang akan jadi pemenangnya dan berhak atas piala bergilir dan hadiah uang tunai,” kata Camat Siantan Timur, Suhadi Kusumo Wijoyo.

Rombongan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas menggunakan kapal speedboat dari pelabuhan Tanjung Momong menuju pelabuhan Nyamuk dengan jarak tempuh waktu sekitar 35 menit. Dalam rombongan itu diikuti Bupati, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perhubungan, Sekretaris Pemerintahan Desa, Kapolsek Siantan, Perwakilan Lanal, Kepala Bagian Humas dan Protokol. (Gr/Red)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137807
Users Last 30 days : 2233
Users This Month : 173
Views This Year : 26311
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-05-04
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya