PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Marsda TNI Andi Kustoro Tutup Latihan Matra Udara Koopsud II Sikatan Daya 2023

Mencerdaskan & Memuliakan - Mei 30, 2023
Marsda TNI Andi Kustoro Tutup Latihan Matra Udara Koopsud II Sikatan Daya 2023
Sikatan Daya tahun 2023 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

JATIM – Panglima Komando Operasi Udara (Koopsud) II Marsekal Muda TNI Andi Kustoro, secara resmi menutup Latihan Matra Udara II Koops Udara II “Sikatan Daya” tahun 2023 melalui video conference dari ruang rapat Suryadi Suryadarma Makoopsud II, Makassar, Selasa (30/5/2023).

Dalam sambutannya Panglima Koops Udara II menyampaikan latihan Koopsud II Sikatan Daya 2023 menjadi tolak ukur sejauh mana tingkat kesiapan dan profesionalisme seluruh satuan jajaran Koopsud II.

“Tujuan dari latihan Sikatan Daya 2023 ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Koops Udara II dan satuan jajaran dalam melaksanakan operasi udara secara komprehensif dan menyeluruh, sehingga senantiasa siap melaksanakan perintah Komando Atas dalam menghadapi eskalasi nasional,” ujar Panglima Koops Udara II.

Panglima mengungkapkan lebih lanjut, melalui latihan ini dapat mengukur sejauh mana tingkat kesiapan, profesionalisme dan kerjasama antar awak pesawat, kemampuan koordinasi, pengaplikasian prosedur, taktik, dan teknik. “Serta lebih lagi sarana menguji alutsista, sarana-prasarana dan prosedur melaksanakan operasi udara,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini Panglima memberi penekanan mengenai kesiapan operasional alutsista, dengan mencatat secara detail dan lengkap evaluasi selama pelaksanaan latihan sebagai acuan untuk pembenahan kedepan.

“Standarisasi teknisi pesawat baik di Skadron Udara maupun Skadron Teknik terus tingkatkan, serta harus selalu siap menangani pemeliharaan pesawat ringan, sedang, maupun berat,” tegas Panglima.

Lebih lanjut Pangkoopsud II menegaskan kendala apapun yang ada agar secara prioritas dicatat dan dilaporkan, sehingga dapat dijadikan dasar laporan ke komando atas.

“Mari jadikan latihan Matra Udara II Koopsud II Sikatan Daya 2023 ini sebagai evaluasi bersama, bukan sebagai rutinitas, melainkan dasar untuk peningkatan penyelenggaraan latihan selanjutnya, untuk menghadapi tantangan kedepan yang semakin besar dan kompleks,” ajak Pangkoopsud II.

Baca Juga  Jaga Kedaulatan Negara, Mahfud MD Perintahkan Usut Tuntas Dua Super Tanker Ini

Mengakhiri sambutannya Panglima menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara latihan dan peserta latihan

“Kita berharap agar menjadikan latihan ini sebagai bekal pengalaman dan sarana untuk menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan kemampuan dalam melaksanakan tugas,” urai Pangkoopsud II.

Selain didukung ribuan personel, latihan ini juga melibatkan berbagai alutsista pesawat, seperti Pesawat Intai Strategis Boeing 737 Skadron Udara 5, Pesawat tempur F-16 Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14, Sukhoi Su-27/30 Skadron Udara 11.

T-50 Skadron Udara 15, dan EMB-314 Super Tucano Skadron Udara 21, pesawat angkut C-130 Hercules Skadron Udara 32 dan Skadron Udara 33, kemudian Cassa-212 Skadron Udara 4, termasuk juga Satuan Radar serta personel Kopasgat.

(Pen)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

140044
Users Last 30 days : 1462
Users This Month : 838
Views This Year : 29535
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-06-19
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya