PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Cen Sui Lan Bakal Wujudkan Potensi Mangrove Sebala, Desa Terkenal Kepiting Rajungan

Mencerdaskan & Memuliakan - Maret 27, 2023
Cen Sui Lan Bakal Wujudkan Potensi Mangrove Sebala, Desa Terkenal Kepiting Rajungan
Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

NATUNA– Anggota Komisi V DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan akan membangun desa wisata mangrove di Kampung Sebala, Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Anggota DPRD Kepri, Hadi Candra ketika menghadiri acara buka bersama di Masjid Baitunnur, Sebala, Minggu (26/3/2023).

Hadi memaparkan, keingin Cen Sui Lan mengembangkan wisata mangrove di Kampung Sebala karena kampung ini dinilai memiliki kualitas mangrove yang cukup bagus.

Apalagi menurut Hadi Candra, Sebala juga merupakan kampung penghasil makanan laut yang beragam mulai dari kepiting, udang, ikan juga kerang.

“Jadi kalau kita sejalankan dengan pengembangan desa wisata mangrove tentunya akan menjadi kolaborasi yang cukup lengkap yang mampu menjadi peluang usaha bagi masyarakat sekitar dengan membuka rumah makan hasil laut dengan cara tradisional,” ucap Hadi Candra.

Selain dinilai mampu menjadi peluang usaha bagi masyarakat, kehadiran wisata mangrove Kampung Sebala diharapkan dapat menambah pendapatan desa.

“Kita doakan saja program ini dapat berjalan dengan baik serta memberikan banyak manfaat,” harapnya.

Sementara, Kepala Desa Batu Gajah, Kurniawan Sindro Utomo menyambut baik program pengembangan desa wisata mangrove Kampung Sebala melalui dana aspirasi anggota DPR RI, Cen Sui Lan.

“Ini kesempatan langka dengan peluang yang begitu besar, tentunya harus kita maksimalkan,” ucap Kades yang akrab disapa Kur ini.

Ia berharap, dengan program pengembangan desa wisata mangrove di Kampung Sebala tentunya dapat memberikan perubahan yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

mangrove di Kampung Sebala, Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna.

Mangrove di Kampung Sebala, Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna.

Nelayan Kepiting Ini Merasakan Manfaat Mangrove

Sebagaimana diketahui selain potensi magrove desa Sebala juga mempunyai usaha home industri berupa pengolahan Kepiting Rajungan di Kampung Sebala, Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur.

Baca Juga  Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642 Laksanakan Patroli Patok Perbatasan

Saparudin, sedang duduk menunggu nelayan kepiting ketika sekitar belasan anak muda menyusuri pesisir pantai yang berlumpur setinggi paha orang dewasa. Di kejauhan ia memandang serius tanpa ekspresi. Hari masih pagi namun cuaca sangat terik.

Saparudin pemilik home industri pengolahan kepiting, desa batu gajah, Setiap hari dia datang ke dermaga menunggu nelayan kepiting membawa hasil tangkapan. Kondisi mangrove yang cukup lebat di kawasan itu menjadi ekosistem yang bagus untuk kepiting.

Industri rumahan yang menampung hasil tangkapan nelayan tangkap kepiting Kampung Sebala ini berdiri sejak 2017 lalu.

Saparudin mengatakan olahan kepiting rajungan akan dikirim ke luar Natuna seperti Batam, Medan, Jakarta hingga Lampung.

“Kita kirim itu dagingnya, kepiting kita rebus dulu lalu kita pisahkan daging dari cangkangnya kemudian kita beku lalu kita kirim ke luar Natuna,” ungkap Sapar.

Menurut Sapar, sebagian besar nelayan di desa tersebut menggantungkan hidup sebagai nelayan kepiting sehingga keberadaan mangrove yang subur bisa menjadi ekosistem yang baik untuk kepiting.

“Kalau di sekitar mangrove itu kebanyakan kepiting besar, kalau agak keluar ke laut tangkapan nelayan biasanya kepiting rajungan yang lebih kecil,” katanya.

Sapar mengaku para nelayan mengambil kepiting rajungan di area dimana pohon pohon bakau tumbuh disanalah habitat rajungan berkembang biak, dia menambahkan dari home industri miliknya ia mampu meraih omset hingga jutaan rupiah perbulannya.

“Alhamdulillah dari hasil industri ini sangat membantu perekonomian saya dan masyarakat setempat,” ujarnya.

(Rk)

 

 

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137401
Users Last 30 days : 2973
Users This Month : 2485
Views This Year : 25667
Who's Online : 0
Your IP Address : 52.167.144.140
Server Time : 2024-04-25
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya