PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Cen Sui Lan Monitor Proyek APBN di Tanjungpinang dan Bintan

Mencerdaskan & Memuliakan - Oktober 17, 2022
Cen Sui Lan Monitor Proyek APBN di Tanjungpinang dan Bintan
cen sui lan, anggota komisi v dpr, turun sosialisasi bedah rumah di batam selama dua hari, sabtu-minggu (8-9/10/2022) - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

GURINDAM.ID- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia DPR RI Komisi V, Dapil Kepri, Cen Sui Lan (CSL), dijadwalkan turun reses monitor ke Bintan-Tanjungpinang, Senin-Rabu (17-19/10/2022).

Selain melakukan groundbreaking revitalisasi Pasar Baru I-II di Pinang, juga meninjau sejumlah program pembangunan bersumber dana aspirasi di APBN di kedua daerah itu.

Seperti revitalisasi pelantar di sejumlah kelurahan dan program penataan Pulau Penyengat. Cen mendukung keduanya melalui dana aspirasi di tahun 2022.

Selain itu, Cen juga akan turun menjemput aspirasi warga dan tokoh masyarakat tergabung di Permabudi Kepri.

Cen sui Lan, anggota Komisi V DPR, selanjutnya juga dijadwalkan meriung dengan perwakilan Kades se-Bintan mendengarkan keluhan dan aspirasi mereka soal pembangunan desa, termasuk urusan BUMDes dan program perdesaan lainnya.

Pamsismas-BUMDes Bintan

Reses Cen ke Bintan-Pinang, dimulai dengan pertemuan dengan Kades se-Bintan, dan selanjutnya meninjau program Pamsismas di sana. Keseluruhan terdapat delapan lokasi Pamsismas.

“Kini tengah on progress,” kata Cen, tangan kanan Airlangga Hartarto Ketum Golkar, di DPP MKGR.

Terbaru, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambah 12 alokasi Pamsimas di Kepri di tahun 2022. Sehingga keseluruhan menjadi 56 lokasi, dan tersebar di lima kabupaten di Bumi Segantang Lada.

Alokasi tambahan terkonsentrasi ke tiga kabupaten, yakni Lingga, Bintan dan Karimun.

Pamsimas merupakan program pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan berbasis masyarakat.

Hingga 2015, Pamsimas telah berhasil menambah akses air minum aman bagi 10,4 juta jiwa dan akses sanitasi layak ke 10,4 juta jiwa di lebih 12.000 desa, tersebar di 233 kaPasar-Pelantar Pinang bupaten/kota di 32 provinsi di Tanah Air.

Pasar-Pelantar Pinang

Di Tanjungpinang, Cen dijadwalkan meninjau KOTAKU pelantar dan puncaknya, groundbreaking Pasar Baru. “Juga melihat progres program KOTAKU, pembangunan pelantar,” ungkap Cen, baru-baru ini.

Baca Juga  Sosialisasi 4 Pilar, Cen Sui Lan Sekaligus Bantu Usaha Masyarakat Kepri

Setiap tahunnya, secara rutin, Cen membenahi infrastruktur kawasan perkotaan dan perdesaan di Kepri melalui KOTAKU.

Tahun 2022, melalui program tadi, Cen menggelontorkan duit Rp 9,25 miliar ke 13 kelurahan di Kepri, dan tersebar di empat kabupaten/kota di Kepri. Nantinya, masing-masing, kelurahan mendapatkan pembiayaan infrastruktur sebesar Rp 750 juta.

Khusus Tanjungpinang, bantuan tadi dialokasikan pembangunan pelantar demi meningkatkan perputaran ekonomi setempat. Kondisinya tengah pengerjaan sekarang. “Saya alokasikan dana aspirasi program KOTAKU sebanyak Rp 9,25 miliar kepada 13 kelurahan se-Kepri,” kata Cen, Agustus lalu.

Eksekusi program nantinya melibatkan masing-masing LPM kelurahan penerima dengan pihak BP2W Kepri, Satker Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR di Kepri.

Cen telah turun meninjau lokasi pelantar perlu perbaikan beberapa waktu lalu, didampingi anggota DPRD Tanjungpinang dari Pinang Kota-Pinang Barat.

Khusus revitalisasi Pasar Tanjungpinang, Cen mendorong pengusaha lokal dilibatkan dalam proses pembangunan pasar ke depan sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi.

Harapannya, agar dana puluhan miliar juga melahirkan rangsangan bagi ekonomi di Bumi Gurindam.

“(Anggaran revitalisasi) perputaran dananya harus di lokasi (Tanjungpinang),” kata Cen, tangan kanan Airlangga Hartarto, Ketum Golkar, di DPP MKGR, belum lama ini.

Terbaru, pembongkaran Pasar Baru telah dimulai seiring pengoperasian pasar relokasi di belakang kantor Disdukcapil sejak Jumat, (23/9/2022).

Pemerintah menggeser anggaran Rp 79 miliar demi revitalisasi pasar terbesar di Tanjungpinang, dengan pengerjaaan per November 2022, dan dijadwalkan rampung akhir 2023. Kini, Pemko selama 45 hari bertanggung jawab menuntaskan pekerjaan pembongkaran pasar lama.

(Dia)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

096031
Users Last 30 days : 1363
Users This Month : 1279
Views This Year : 1923
Who's Online : 0
Your IP Address : 216.73.158.160
Server Time : 2023-01-28
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya