PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Lestarikan Tradisi Lokal, Lanal Tarempa Gelar Lomba Jongkong Layar

Mencerdaskan & Memuliakan - Oktober 6, 2022
Lestarikan Tradisi Lokal, Lanal Tarempa Gelar Lomba Jongkong Layar
 - (Lestarikan Tradisi Lokal, Lanal Tarempa Gelar Lomba Jongkong Layar)
RajaBackLink.com
Editor Redaksi

ANAMBAS -Dalam rangka HUT TNI ke-77, Lanal Tarempa menggelar Perlombaan Jongkong Layar yang diikuti oleh 15 peserta dari beberapa desa yang ada di Anambas, Kamis (06/10/2022) di Desa Batu Belah, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf menjelaskan, kegiatan ini dilakukan agar tradisi jongkong layar dapat terus dilestarikan kepada generasi-generasi muda.

Sebab, jongkong layar merupakan alat mata pencarian masyarakat pada zaman dulu untuk memancing ikan sebelum adanya pompong bermesin seperti saat ini.

“Kita ingin terus melestarikan tradisi-tradisi khas Anambas kepada generasi muda, salah satunya dengan cara lomba jongkong layar ini, sehingga para anak-anak muda disini tertarik dan belajar mengenai jongkong layar itu sendiri,” jelas Yovan.

Lanjut Dirinya mengatakan, disisi lain, Lanal Tarempa juga ingin membantu memajukan sektor pariwisata yang ada di Desa Batu Belah, mengingat desa tersebut merupakan Kampung Bahari Nusantara dibawah binaan TNI Angkatan Laut.

Dengan menggait Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Desa Batu Belah dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Anambas, Yovan berharap pariwisata di Desa Batu Belah juga bisa bersaing dengan daerah lain.

“Mengingat saat ini sudah mulai banyak kapal yacht yang datang ke Anambas, untuk itu kita juga ingin membantu meningkatkan sektor pariwisata disini, kami harap dengan adanya perlombaan ini dapat memperkenalkan Desa Batu Belah maupun budaya yang ada kepada wisatawan lokal maupun luar negeri,” ujar Yovan.

Dikesempatan yang sama, Yovan juga berharap Lomba Jongkong Layar ini dapat menjadi event tahunan di Desa Batu Belah serta menjadi salah satu ajang untuk melestarikan tradisi lokal agar tidak punah di era modernisasi yang semakin pesat.

Baca Juga  DPRD Bersama Bupati Anambas Gelar Paripurna Bahas 4 Ranperda

Sementara itu, Kepala Disparbud Anambas, Effi Sjuhairi menyebutkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Lanal Tarempa.

“Kami tentunya mendukung kegiatan ini, sesuai dengan motto pada HUT TNI yang ke-77, TNI adalah kita, seperti yang kita lihat hari ini, hal itu bukan hanya sekedar motto, tetapi bukti bahwa TNI juga ada ditengah-tengah masyarakat,” sebutnya. (FR)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

093471
Users Last 30 days : 1698
Users This Month : 466
Views This Year : 39211
Who's Online : 0
Your IP Address : 167.88.50.7
Server Time : 2022-12-08
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya