PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

DPR RI Uji Coba Teropong Pemantau Hilal, Cen Sui Lan: Kita Dorong Natuna Punya Radar BMKG

Mencerdaskan & Memuliakan - Februari 18, 2022
DPR RI Uji Coba Teropong Pemantau Hilal, Cen Sui Lan: Kita Dorong Natuna Punya Radar BMKG
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, telah melakukan simulasi teropong hilal, sebagai uji coba saat baru sampai di Batam. - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

BATAM, GURINDAM.ID- Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, telah menunaikan tugasnya untuk ‘mendatangkan’ teropong canggih sebagai pemantau hilal ke Kepri. Penyediaan sarana teropong canggih pemantau hilal ini lewat aspirasi Cen Sui Lan, melalui kegiatan BMKG pusat.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, telah melakukan simulasi teropong hilal, sebagai uji coba saat baru sampai di Batam.

Sekitar Juli 2021 lalu, Cen Sui Lan terus mendesak BMKG pusat, agar segera membangun pos pemantau hilal dan sarana teropong hilal, di Kota Batam.

“Kebutuhan ini penting dimana sebelumnya Permintaan tersebut terus disampaikan dalam RDP dengan Kepala BMKG pusat, maupun dengan Kepala BNPP (Basarnas),” kata Cen Sui Lan Kepada Gurindam.id, disela simulasi perangkat teropong canggih tersebut di Batam, Kamis (17/2022) kemarin.

Teropong hilal

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, telah melakukan simulasi teropong hilal, sebagai uji coba saat baru sampai di Batam

Cen Sui Lan mengusulkan, pembangunan pos pemantauan hilal dan teropong hilal ini di Kota Batam. Sedangkan untuk pembangunan sarana radar MS2 di Kabupaten Natuna.

“Alhamdulillah Kini, perjuangan pengadaan teropong canggih pemantau hilal itu sudah terealisasi,” katanya.

Teropong canggih ini untuk kepentingan penentuan hari hari besar keagamaan, Simulasi itu dilakukan di Tanjung Pinggir, Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepri. Simulasi ini disaksikan oleh Rahmat Trioyo selaku Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Pusat.

Turut hadir Addi Setiadi Kepala BMKG Hang Nadim, Batam. Serta pejabat Kantor Kementerian Agama Kota Batam. Di sela kegiatan simulasi teropong canggih pemantau hilal itu, Cen Sui Lan menerima penjelasan dari Rahmat Triono, Kepala Pusat Seismologi Tehnik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Pusat.

Baca Juga  Rizki Faisal Nahkodai Ormas MKGR Provinsi Kepri

Menurut Rahmat Triono, teropong pemantau hilal ini diadakan sebagai jawaban dari permintaan Cen Sui Lan, sekitar 6 bulan lalu.

Saat itu, lanjut Rahmat, Cen Sui Lan menerangkan tentang pentingnya kebutuhan terhadap teropong hilal di Provinsi Kepri.

Teropong pemantau hilal ini ditempatkan di BMKG Stasiun Hang Hadim. Sedangkan penggunaannya, bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepri dan Kota Batam.

“Serta ormas-ormas keagamaan untuk dipergunakan penentuan hari hari besar keagamaan,” ujar Rahmat kepada Cen Sui Lan.

Rahmat mengucapkan terimaKasih kepada Cen Sui Lan yang terus melengkapi peralatan peralatan berbasis teknologi tinggi untuk kepentingan BMKG di Provinsi Kepri.

Selain itu, Addi Setiadi Kepala Stasiun BMKG Hang Nadim Batam juga memberikan penjelasan kepada Cen Sui Lan, tentang peralatan teropong canggih pemantau hilal ini.

Menurut Addi Setiadi, pengadaan teropong pemantau hilal ini, akan ditindaklanjuti dengan pelatihan operatornya dari petugas Stasiun BMKG Hang Nadim. Pelatihan bakal dilaksanakan di Pusat Pelatihan BMKG Jakarta.

Radar MS2 Natuna

Pada kesempatan lain, Cen Sui Lan menerangkan, pengadaan teropong pemantauan hilal ini sangat penting. Karena, sarana dan prasarana pemantauan dan teropong hilal ini diperlukan, untuk menentukan hari-hari besar keagamaan. Khususnya di wilayah Provinsi Kepri.

Selain teropong pemantau hilal, Cen Sui Lan juga meminta ke pusat agar di Kepri disediakan radar BMKG. Radar ini sebagai sarana prasarana untuk kepentingan pendataaan iklim, cuaca, angin, dan klimatologi di Natuna, Provinsi Kepri. Bahkan berfungsi untuk sarana pendukung pertahanan NKRI di wilayah Natuna.

Untuk radar MS2 di Natuna, harus segera juga diadakan. Alat radar MS2 di Natuna ini fungsinya lebih banyak dan canggih. Bisa sebagai navigasi,” jelas Cen Sui Lan.

Baca Juga  Inilah Temuan Tim KNKT Dari Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Saat RDP dengan BMKG, baru-baru ini, pengadaan radar MS2 itu sudah dipastikan direalisasikan.

“Radar MS2 untuk Natuna itu menyusul, setelah teropong pemantau hilal kita datangkan ke Batam,” kata Cen Sui Lan menambahkan.

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136463
Users Last 30 days : 3401
Users This Month : 1547
Views This Year : 24414
Who's Online : 2
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-04-12
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya