PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Cegah Human Error, Prajurit KRI Arsa Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran

Mencerdaskan & Memuliakan - Januari 3, 2022
Cegah Human Error, Prajurit KRI Arsa Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran
 - (Gurindam.id)
RajaBackLink.com
Editor

GURINDAM.ID- Sebagai upaya mencegah terjadinya human Error dalam pelaksanaan tugas, prajurit KRI Arung Samudera (Arsa) tergabung dari satuan kapal bantu Koarmada II melaksanakan latihan penanggulangan bahaya kebakaran atau PEK, dari dermaga pangkalan Koarmada II pada Jum’at (31/12/2021).

Diikuti 14 prajurit ABK KRI Arsa, Latihan digelar selama dua hari dengan materi antara lain Penggunaan Pemadam Appart dan selang Hydrant, serta simulasi prosedur dasar penanggulangan kebakaran oleh peserta tim PEK.

Sedangkan alat-alat yang digunakan dalam latihan adalah alat pemadam kebakaran api ringan, tabung co² dan simulator.

Komandan KRI Arsa Mayor Laut (P) Hadi Wahyono mengatakan bahwa latihan ini dilaksanakan agar prajurit KRI Arsa mampu mengatasi bahaya kebakaran yang kemungkinan terjadi di pangkalan.

“Karena mencermati kejadian kebakaran di lingkungan TNI AL terutama di kapal perang (KRI) yang diakibatkan salah satunya kelalaian personel. Untuk itu saya menginstruksikan kepada prajuritnya untuk melaksanakan Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran,” ujar Hadi sapaan karibnya.

Kegiatan latihan PEK tersebut lanjut Hadi, adalah instruksi dari Komandan Satuan Kapal Bantu Koarmada II Kolonel Laut (P) Budi Santosa, yang selaras dengan imbauan Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, agar prajurit peduli dengan kondisi sekitar yang memungkinkan terjadinya kebakaran, serta mewujudkan zero accident di tempat kerja.

Usai latihan ABK KRI Arsa Koarmada II diharapkan mampu mengkoordinasikan pelaksanaan pengoperasian dan pemeliharaan peralatan untuk penanggulangan kebakaran, serta mampu melaksanakan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Selain itu juga mampu melaksanakan prosedur komunikasi sesuai standar sistem dan metode yang berlaku di TNI AL.

(Pen)

Baca Juga  Gubernur Kepri Ansar Tampik Tudingan Info Hoax Meminta Uang kepada Masjid
Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136874
Users Last 30 days : 2827
Users This Month : 1958
Views This Year : 24908
Who's Online : 0
Your IP Address : 18.117.254.139
Server Time : 2024-04-20
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya