PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Laut Natuna Utara Bergejolak Pusaran Puting Beliung Menjadi Tontonan Warga

Mencerdaskan & Memuliakan - September 13, 2021
Laut Natuna Utara Bergejolak Pusaran Puting Beliung Menjadi Tontonan Warga
Tangkapan Layar Vide Di Laut Natuna Utara - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Sebuah video memperlihatkan fenomena pusaran angin yang menjulang tinggi di perairan Pantai Kabupaten Natuna, Kepri viral di media sosial, Minggu 12 September 2021.

Seorang warga Natuna, Eliza menceritakan kejadian tersebut tidak berlangsung lama, puting beliung tersebut juga tidak sempat menyapu perumahan warga yang ada di pinggir pantai.

“Kejadian paling-paling sekitar 10 menit terjadi di pinggir pantai, tidak ada kerusakan karena angin menghilang sebelum sampai ke permukiman warga,” ucapnya.

Forecaster BMKG Ranai, Prabu Aditya mengatakan fenomena tersebut disebut waterspout atau puting beliung yang terjadi diatas permukaan air laut.

“Fenomena ini terjadi disebabkan oleh adanya awan konvektif Cumulonimbus dan turun kebawah seperti belalai dan terjadi diatas laut atau perairan,” ucapnya saat dihubungi.

Prabu menghimbau, agar masyarakat harus waspada karena dampak angin kencang di bawah pusaran waterspout tersebut sangat berbahaya, jika terjadi di darat dapat merusak rumah bahkan pohon, kalau di laut dampaknya sangat berbahaya bagi perahu nelayan maupun aktivitas disekitar fenomena tersebut.

Kepada para nelayan yang sedang melaut Prabu kembali mengingatkan, untuk selalu waspada terhadap pertumbuhan awan gelap dan tebal yang menjulang tinggi atau awan cumulonimbus tersebut.

“Karena berpotensi terjadinya guntur disertai petir, hujan lebat, angin kencang yang dapat berupa puting beliung yang disertai gelombang tinggi secara tiba-tiba,” pungkasnya.

(Dn)

Baca Juga  Musim Utara Gelombang Laut Natuna Utara Tinggi 6 Meter, Tutup Tahun 2023
Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136832
Users Last 30 days : 2912
Users This Month : 1916
Views This Year : 24860
Who's Online : 0
Your IP Address : 52.15.63.145
Server Time : 2024-04-19
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya