PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Laut Natuna Utara Bergejolak Pusaran Puting Beliung Menjadi Tontonan Warga

Mencerdaskan & Memuliakan - September 13, 2021
Laut Natuna Utara Bergejolak Pusaran Puting Beliung Menjadi Tontonan Warga
Tangkapan Layar Vide Di Laut Natuna Utara - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Sebuah video memperlihatkan fenomena pusaran angin yang menjulang tinggi di perairan Pantai Kabupaten Natuna, Kepri viral di media sosial, Minggu 12 September 2021.

Seorang warga Natuna, Eliza menceritakan kejadian tersebut tidak berlangsung lama, puting beliung tersebut juga tidak sempat menyapu perumahan warga yang ada di pinggir pantai.

“Kejadian paling-paling sekitar 10 menit terjadi di pinggir pantai, tidak ada kerusakan karena angin menghilang sebelum sampai ke permukiman warga,” ucapnya.

Forecaster BMKG Ranai, Prabu Aditya mengatakan fenomena tersebut disebut waterspout atau puting beliung yang terjadi diatas permukaan air laut.

“Fenomena ini terjadi disebabkan oleh adanya awan konvektif Cumulonimbus dan turun kebawah seperti belalai dan terjadi diatas laut atau perairan,” ucapnya saat dihubungi.

Prabu menghimbau, agar masyarakat harus waspada karena dampak angin kencang di bawah pusaran waterspout tersebut sangat berbahaya, jika terjadi di darat dapat merusak rumah bahkan pohon, kalau di laut dampaknya sangat berbahaya bagi perahu nelayan maupun aktivitas disekitar fenomena tersebut.

Kepada para nelayan yang sedang melaut Prabu kembali mengingatkan, untuk selalu waspada terhadap pertumbuhan awan gelap dan tebal yang menjulang tinggi atau awan cumulonimbus tersebut.

“Karena berpotensi terjadinya guntur disertai petir, hujan lebat, angin kencang yang dapat berupa puting beliung yang disertai gelombang tinggi secara tiba-tiba,” pungkasnya.

(Dn)

Baca Juga  Makin Berkembang, Kasus Covid-19 di Malaysia Tembus 4 Ribu per Hari
Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 3 9 7 9
Users Today : 45
Users Yesterday : 53
Users Last 7 days : 379
Users Last 30 days : 1667
Users This Month : 1446
Users This Year : 16487
Total Users : 83979
Views Today : 62
Views Yesterday : 81
Views Last 7 days : 570
Views Last 30 days : 2621
Views This Month : 2300
Views This Year : 23989
Total views : 137692
Who's Online : 2
Your IP Address : 18.206.14.36
Server Time : 2022-06-25
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya