PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Hari lahir Pancasila Brimob Polda Kepri Gandeng Lintas Tokoh Getarkan Rasa Cinta Pancasila dan NKRI

Mencerdaskan & Memuliakan - Mei 30, 2021
Hari lahir Pancasila Brimob Polda Kepri Gandeng Lintas Tokoh Getarkan Rasa Cinta Pancasila dan NKRI
Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Satuan Brimob Polda Kepri menggandeng Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dalam getarkan rasa cinta terhadap Pancasila dan NKRI. - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Menuju Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Satuan Brimob Polda Kepri menggandeng Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dalam getarkan rasa cinta terhadap Pancasila dan NKRI.

“Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Pancasila sebagai ideologi negara telah mampu menunjukkan perannya dalam menjaga keutuhan bangsa Indonesia,” kata Kombes Pol M Rendra di Jembatan 1 Barelang, Batam, Sabtu (29/5/2021).

Sebagai ideologi negara, kata Rendra, Pancasila tentunya mengandung nilai-nilai luhur yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

“Mendengar Lagu Indonesia Raya Semangat Pancasila Bergetar sanubari kita, ini sangat penting bagi kita untuk dapat memahami dan mampu mengimplementasikan dari nilai-nilai tersebut, di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Perwira lulusan Akademi Polisi (Akpol) Tahun 1996  ini mengucapkan selamat hari lahir Pancasila.

Perbedaan bukan bahan bagi kita untuk perpecahan. Tetapi perbedaan sebagai modal bagi kita untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik. Saya Pancasila untuk Indonesia, TNI-Polri untuk Indonesia,” pungkas Dansat Brimob Polda Kepri.

Dengan memahami makna dari Pancasila di kehidupan sehari hari, maka kita dapat mengimplementasikan nilai nilai kebaikan serta akan lebih mencintai Pancasila dan NKRI”, tambahnya.

“Bulatkan Tekad untuk pertahankan dan amalkan nilai Pancasila demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia”, tegas Dansat Brimob Polda Kepri.

Sebagai informasi, Tahun ini, tanggal 1 Juni jatuh pada hari Selasa. Sejarah lahirnya Pancasila tak lepas dari adanya Pidato Soekarno hingga Rumusan Panitia Sembilan.

Presiden pertama Indonesia Soekarno mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia pada 1 Juni 1945.

Gagasannya disampaikan dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan, sebagaimana dilansir bpip.go.id.

Hingga akhirnya 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila.

Baca Juga  Kasal Yudo Margono Resmikan Fasilitas Watpers Komplek Satuan Koarmada 1

Lembaga ini dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). BPUPKI mengadakan sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945. Diadakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), para anggota membahas mengenai tema dasar negara.

Setelah beberapa hari, pada 1 Juni 1945, Soekarno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasannya. (jrg)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

136832
Users Last 30 days : 2912
Users This Month : 1916
Views This Year : 24860
Who's Online : 0
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-04-19
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya