Luhut Binsar Pandjaitan: Jadilah Manusia Bermanfaat Untuk Manusia Lainnya

Mencerdaskan & Memuliakan - Januari 3, 2021
Luhut Binsar Pandjaitan: Jadilah Manusia Bermanfaat Untuk Manusia Lainnya
Foto Bersama pengurus Yayasan Del tahun lalu 2019 sebelum covid 19 - (Mencerdaskan & Memuliakan)

GURINDAM.ID- Sebagai umat Manusia kita diharuskan untuk selalu berbuat baik kepada sesama. Diantaranya saling tolong-menolong agar bermanfaat dalam lingkungan dan ranah ilmu yang sudah kita pelajari kepada generasi bangsa.

Hal ini tercermin dari sosok Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam hidup dan ditulis kedalam halaman web pribadinya.

“Bagi saya, setiap yang hidup harus meninggalkan warisan dan wasiat yang bermanfaat bagi banyak orang, tak terkecuali saya dan keluarga,” tulis Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam tulisannya yang disalin ulang oleh  Gurindam.id, Minggu, (3/1/2021).

Foto Bersama pengurus Yayasan Del tahun lalu 2019 sebelum covid 19

Di usia yang sudah tidak muda lagi ini, saya merasa sudah bahagia dengan apa yang sudah saya capai.

Saya hanya berpikir bagaimana di sisa usia yang saya jalani  bisa bermanfaat buat banyak orang.

Saya teringat ucapan ayah saya yang sekaligus saya selalu anggap sebagai wasiat hidup, yaitu saya harus jadi sarjana agar bisa membantu banyak orang.

Saya renungkan kalimat tersebut lama dan kemudian saya tahu maksud ayah saya berkata seperti itu adalah kita bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi banyak orang jika kita punya pendidikan yang baik.

Karena itulah saya berniat membangun sebuah sekolah, tetapi nyatanya syarat untuk mendirikan sekolah harus punya yayasan terlebih dahulu.

Alasan tersebut yang melatarbelakangi saya dan istri membangun mimpi bersama untuk Indonesia, persis di hari kelahiran saya yang jatuh pada hari ini kami memulainya bersama dari tepian Danau Toba lewat Yayasan Del.

Saya memang punya “concern” yang amat besar kepada pendidikan,karena jika kita lihat di negara-negara maju seperti Singapura, Amerika Serikat, dan yang terbaru saat ini China, mereka semua sedang mempersiapkan pendidikan bagi generasi penerus bangsa nya dengan sangat serius.

Baca Juga  Luhut Binsar Pandjaitan: Krisis Pandemi, Pengembangan Big Data Kesehatan Dinilai Penting

Saya berpikir bahwa jika Indonesia ingin menjadi negara maju, salah satu PR penting yang mendesak adalah mempersiapkan generasi baru, yakni generasi manusia Indonesia yang siap menghadapi persaingan global.

Di usianya yang akan memasuki dua dekade di 2021 nanti, Yayasan DEL terus bertumbuh menjadi kawah candradimuka yang akan melahirkan talenta-talenta hebat dengan akhlak mulia, beriman teguh, kreatif dan inovatif, punya semangat juang dan terpelajar lewat Institut Teknologi DEL dan SMA Unggul DEL.

Sesuai dengan motto yang selalu kita pegang teguh, mar-Tuhan, marroha, marbisuk, yang berarti berTuhan, berhati Nurani dan bijaksana.

Cita-cita dan prinsip inilah yang terus memperbaharui semangat kami sekeluarga untuk berkembang lebih besar lagi hingga lahirlah lembaga lainnya seperti Sekolah Noah,

Rumah Faye, TobaTenun, dan Radio DEL FM yang pengelolaannya dipegang langsung oleh anak cucu saya.

Karena saya ingin mereka meneladani nilai-nilai baik ini dengan terlibat langsung melakukan banyak aktivitas sosial bersama.

Saya ingin nilai-nilai kemanusiaan berwujud bantuan kepada semua orang siapapun dia, apapun latar belakangnya bisa diteruskan sampai ke anak, cucu, bahkan sampai ke cicit kami.

Mungkin kado terindah yang setiap tahunnya saya terima adalah melihat yayasan yang saya bangun dari hasil kerja keras saya selama puluhan tahun selama jadi pengusaha ini,

berkembang dan juga bertumbuh dengan pesat sehingga memberikan sumbangsih berwujud Sumber Daya Manusia yang berkualitas untuk Ibu Pertiwi.

Hal ini pastinya tidak bisa lepas dari peran besar berupa pengabdian para civitas akademika, staf, pengurus Yayasan DEL, rekan-rekan seperjuangan kami, dan para siswa dan mahasiswa sendiri.

Kami sadar bahwa ini adalah mimpi yang besar, dan tidak mungkin kami kerjakan sendiri. Mungkin inilah sumbangan kecil kami dari desa, untuk Indonesia.

Baca Juga  Program Insani Pro Masyarakat, Isdianto: Kita Berpihak Ke Buruh

Tapi untuk saya dan keluarga, inilah pencapaian terbesar kami sepanjang hidup. Harapan kami tentunya tak muluk-muluk, kami selalu ingin melihat anak-anak kami menjadi yang terbaik diantara yang terbaik dalam dunia ilmu pengetahuan.

Karena mereka telah dibekali ilmu pengetahuan dengan paket lengkap agar bisa selangkah lebih maju daripada yang lain.

Persis seperti arti dari nama DEL yang kami temukan dalam sebuah buku, “Selangkah Lebih Maju”.

Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Yayasan DEL, bisa berkunjung ke Yayasan Del
IG : @yayasandel
www.del.or.id

Tinggalkan Komentar

Close Ads X