Waspada! Penyakit TBC Mudah Menular Seperti Virus Corona 

Mencerdaskan & Memuliakan - Juli 17, 2020
Waspada! Penyakit TBC Mudah Menular Seperti Virus Corona 
Buku Katalog Informasi Penyakit TBC, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kepulauan Anambas - (Gurindam.id/Serly)
Editor Nasrul

Anambas, Gurindam.id – Masyarakat Kepulauan Anambas sepertinya harus waspada terhadap penyakit TBC (tuberkulosis). Penyakit ini masuk dalam tiga besar penyebaran penyakit menular. Sedikitnya, 29 orang dicurigai terserang penyakit TBC.

“Dulu, TBC nomor 5 sebagai penyakit menular, geser-geser lagi, sekarang nomor 3 kasus terbanyak.” ujar Analis Penyakit Menular Bidang P2, Yaman, Kamis (16/7/2020) di ruang kerjannya.

Menurut Yaman, TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit yang lebih cepat menular dari orang ke orang disebabkan kuman. Penyakit ini juga bisa hidup beterbangan di udara, penyakit ini hampir sama dengan virus corona atau Covid-19, cara penularan nya pun sama bisa melalui udara saat seseorang bicara tanpa menggunakan masker, maka potensi menularnya tinggi.

Yaman mengatakan, TBC dapat diketahui saat pemeriksaan dahak pada pasien, dibutuhkan 2 kali pemeriksaan dahak yaitu saat datang ke pelayanan dan setelah bangun tidur pagi. “Walaupun imun kita bagus penyakit ini bisa berdiam ditubuh kita.  Selama imun kita kuat, maka kemungkinan tertular rendah, namun jika imun kita lemah ya dia akan menampakkan gejalanya,” jelasnya.

Masyarakat pun, lanjut Yaman, harus mengetahui bagaimana cara mengeluarkan dasak dengan benar, pertama tarik nafas selama 3 kali kemudian hentakan agar dahak pada paru-paru bisa keluar, jika tidak keluar bisa berkumur-kumur dengan air bersih, berlari kecil, atau minum teh air hangat.

Kendati demikian, lanjut Yaman, semua pasien TBC dapat ditangani dan diobati sesuai standar yang ada di Rumah Sakit Kabupaten Kepulauan Anambas. “Masyarakat tidak perlu takut untuk berobat, dalam hal ini masyarakat lebih harus berperan melaporkan apabila ada saudara, tetangga, yang merasa kurang sehat segera melapor,” pinta Yaman.

Pencegahan agar tidak terkenal TBC ini kita harus selalu menggunakan masker, mengatur pola sehat kita, jika merasa batuk sudah berdahak lebih baik langsung cek, agar bisa mengetahui apa penyakit yang sedang dialami,” (serly)

Baca Juga  Polres Anambas Upacara Virtual HUT Bhayangkara ke-74

Tinggalkan Komentar

Close Ads X