Sejumlah Pemimpin Redaksi Sepakat Bentuk Forum Pemred Anambas

Mencerdaskan & Memuliakan - Juli 13, 2020
Sejumlah Pemimpin Redaksi Sepakat Bentuk Forum Pemred Anambas
Sejumlah Pemimpin Redaksi (Pemred) maupun pemilik media cetak, online di Kabupaten Kepulauan Anambas sepakat membentuk Forum Pemred. Mereka antara lain, Pemimpin Umum Media Online Gurindam.id, Muh Nasrul Arsyad, Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Anambas Pos, Asril Masbah, Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Metrosidik.com, Fitra Hadi, dan Pemimpin Umum, Zonasidik.com, Dedi Syahputra.  - (Gurindam.id)
Editor Gafur

Anambas, Gurindam.id РSejumlah Pemimpin Redaksi (Pemred) maupun pemilik media cetak, online di Kabupaten Kepulauan Anambas sepakat menggagas terbentuknya Forum Pemred. Mereka antara lain, Pemimpin Umum Media Online Gurindam.id, Muh Nasrul Arsyad, Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Anambas Pos, Asril Masbah, Pemimpin Umum/Pemimpin  Redaksi Metrosidik.co.id, Fitra Hadi, dan Pemimpin Umum, Zonasidik.com, Dedi Syahputra.

“Kita bersepakat membentuk Forum Pemred ini, tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi maupun sikap media khususnya yang berdomisili di Anambas terhadap sejumlah persoalan di Kabupaten Kepulauan Anambas,” ujar Pemimpin Umum Media Online Gurindam.id, Muh Nasrul Arsyad, sesaat setelah musyawarah pembentukan Forum Pemimpin Redaksi, di Tarempa, Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (13/7/2020).

Nasrul yang mantan wartawan harian nasional itu mengatakan selain menyikapi sejumlah isu dan persoalan yang belum tuntas, Forum Pemred Anambas juga akan fokus memberikan program peningkatan kapasitas wartawan di Anambas. Selain itu, yang terpenting adalah mengawal berjalannya penerapan UU Pers No 40 Tahun 1999.

“Forum Pemred ini, akan menjadi media edukasi terhadap adek-adek wartawan pemula. Masing-masing Pemred secara bergantian memberikan pelatihan secara gratis kepada wartawan yang ingin mengembangkan kariernya di dunia pers. Dan ini terbuka untuk umum, artinya selain wartawan siapa saja boleh mengikuti pelatihan yang secara rutin akan digelar oleh Forum Pimred ini,” tambah Nasrul.

Pemimpin Umum sekaligus Pemimpin Redaksi, Anambas Pos menambahkan, Forum Pemred Anambas adalah kumpulan orang-orang intelektual. Lantaran itu, misinya lebih kepada edukatif. Memberikan saran kepada stakeholder di Anambas dengan mengedepankan intelektualitas, berdasarkan isu-isu yang liar di masyarakat.

“Sesuai dengan fungsinya, Pers adalah pilar keempat demokrasi. Karena itu, kita ingin Pers kembali kepada khittahnya, sebagai lembaga kontrol. Menjadi penyeimbang di luar dari kekuasaan eksekutif, legislatif dan yudikatif,” terang Asril yang mengaku telah mengenyam pengamalan media selama 20 tahun lebih.

Baca Juga  Waspada Gelombang Tinggi, Sejumlah Nelayan Anambas Tak Melaut

Asril memastikan, berdirinya Forum Pemred Anambas, tidak memiliki kaitan dengan politik lokal di Kabupaten Kepulauan Anambas. “Yang pasti, Forum Pemred ini, dibentuk untuk kemaslahatan dunia pers khususnya di Anambas. Jadi tidak ada kaitannya dengan kepentingan politik,” tegasnya.

Pemimpin Redaksi Metrosidik.co.id, Fitra Hadi secara rinci menguraikan, beberapa hal penting dalam pembentukan Forum Pemred Anambas, antara lain, menjunjung tinggi independensi kebijakan redaksi dari berbagai kepentingan di luar prinsip-prinsip jurnalisme. Memperjuangkan kebebasan berekspresi dan kebebebasan pers bagi kemajuan masyarakat. Mengabdikan diri bagi kejayaan bangsa dan negara. Melawan segala bentuk penistaan, pelecehan, dan kriminalisasi pers dan wartawan.

Pemilik sekaligus Pemimpin Redaksi Zonasidik.com, Dedi Syahputra menambahkan, dalam pembentukan Forum Pemred itu, belum memutuskan struktur kepengurusan. “Ini baru sebatas kesepakatan membentuk lembaganya dulu. Nanti dalam pertemuan selanjutnya, baru kita akan bahas struktur kepengurusan,” tambah Dedi. (red)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X