“Mencerdaskan dan Memuliakan”

Mencerdaskan & Memuliakan - Juni 29, 2020
“Mencerdaskan dan Memuliakan”
Muh. Nasrul Arsyad, SE. M.Si, Pendiri/Pemimpin Umum Media Gurindam.id - (Gurindam.id)
Editor Nasrul

Oleh: Muh. Nasrul Arsyad, Pemimpin Umum/Pendiri Gurindam.id

Usia memang baru seumur jagung. Resmi ‘mengudara’ bertepatan dengan kelahiran Kabupaten Kepulauan Anambas yang ke-12, tanggal 24 Juni 2020. Kabupaten dimana penggagas media ini berdomisili.

Sesuai dengan semangatnya, Gurindam.id sebagaimana disampaikan dewan Penasehat, sekaligus pencetus nama Gurindam.id, Abangnda/orang tua kami Bapak Fiam Mustamin, melalui pengantarnya pada edisi perdana Gurindam.id adalah sebagai pemacu semangat dari karya cipta syair Gurindam 12, Raja Ali Haji pujangga Melayu turunan bangsawan Opu Bersaudara dari Bugis yang berimigrasi ke Johor Riau dan Lingga di awal abad ke 17.

Dengan semangat itu, kehadiran kami dalam dunia pers di Indonesia yang kian menjamur, tidak hanya sekedar ikut meramaikan untuk tujuan politik kekuasaan dan ekonomi semata. Namun, lebih dari itu kami hadir sebagai penerbitan pers yang baru, berorientasi untuk bagaimana pers berfungsi sebagai pencerahan, pencerdasan dan sebagai kontrol sosial. Pers yang membangun kritik yang solutif jalan keluar. Pers yang bersinergi kooperatif yang memuliakan untuk membangun bangsa.

Tidak banyak pers yang ‘berani’ membangun jargon Mencerdaskan dan Memuliakan. Bagi sebagian masyarakat dan tokoh pers, mungkin melihat bahwa jargon atau tagline itu terdengar asing dan mungkin masih tabu. Kok memuliakan, maksudnya apa, memuliakan siapa..?. Ya, kami ingin memuliakan bangsa dan negara ini, termasuk memuliakan manusianya.

Dalam dunia digitalisasi sekarang ini, muncul kecenderungan melupakan nilai-nilai kemanusian. Tak jarang sebuah perusahaan pers sengaja didirikan untuk mendegradasi kedudukan manusia sebagai mahluk Allah yang paling mulia.

Padahal bukankah manusia itu diciptakan Allah sebagai mahluk yang paling mulia. Sebagaimana dalam Firman-Nya, “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan” (QS Al-Isra:70).

Baca Juga  New Normal itu bukan “Old Normal”

Dalam konteks memuliakan bangsa dan negara termasuk memuliakan manusianya, pers punya andil besar bagaimana menurunkan nilai-nilai moral itu, dan sebaliknya pers juga memiliki peran sentral mengangkat harkat dan martabat manusia, hingga mewujudkan kemuliaan bangsa dan negara ini.

Media Gurindam.id, dengan sumber daya manusianya yang tergabung dalam tim redaksi dan telah berpengalaman puluhan tahun di dunia jurnalistik akan berupaya mendorong dan mewujudkan cita-cita mulia itu.

Gurindam.id juga melibatkan peran serta tokoh dan cendekiawan bangsa ini. Mereka secara langsung terlibat dalam penentuan konten berita media ini. Beberapa di antara mereka menjadi narasumber tetap sebagai kolumnis memberikan kontribusi pemikirannya dalam menyikapi isu-isu terkini bangsa ini. Di dapur redaksi, Gurindam.id juga melibatkan beberapa wartawan senior. Beberapa di antara mereka adalah mantan Pemimpin Redaksi di sejumlah media.

Kami memang tampil agak beda. Beda dengan media-media online nasional kebanyakan yang berpusat di Ibukota Negara. Kami tampil, sebagai media online nasional yang berangkat dari daerah. Media nasional yang berbasis di daerah. Jargon kami, dari daerah untuk Indonesia. Untuk tahap awal, kami menyiapkan perwakilan setiap provinsi. Dan dalam waktu yang tidak lama, secara on the track, kami menyiapkan biro di setiap kabupaten dan kota di Indonesia.

Kematangan dan pengalaman sejumlah tim redaksi Gurindam.id, setidaknya memudahkan kami membentuk jaringan hingga ke daerah-daerah. Termasuk dalam mendaftarkan PT Gurindam Media Kepri, badan hukum yang memayungi Gurindam.id ke Dewan Pers. Saat ini proses pendaftaran adminitrasi Gurindam.id ke dewan pers, sudah hampir rampung. Insya Allah dalam beberapa hari ke depan, kami siap menyerahkan berkas verifikasi adminitrasi dan sekaligus menyatakan kesiapan untuk diverifikasi faktual.

Baca Juga  Compnet Nusantara Peduli Pendidikan di Perbatasan

Terima kasih kami sampaikan kepada dewan pembina, penasehat, teman-teman tim redaksi dan manajemen yang telah secara sungguh-sungguh dengan rasa memiliki, merintis dan membangun ini media secara kolektif. (*)

 

Tinggalkan Komentar

Close Ads X