PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Mudik Gratis, TNI AL Kerahkan Kapal Perang Ribuan Pemudik Senang Gembira

Mencerdaskan & Memuliakan - April 5, 2024
Mudik Gratis, TNI AL Kerahkan Kapal Perang Ribuan Pemudik Senang Gembira
Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Dr Muhammad Ali baru saja melepas kegiatan mudik gratis melalui jalur darat dan jalur laut. - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

JAKARTA– Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Dr Muhammad Ali baru saja melepas kegiatan mudik gratis melalui jalur darat dan jalur laut.

Pelepasan mudik gratis oleh KASAL tersebut dilakukan di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Jumat (05/04) dengan melibatkan 120 bus serta satu unit kapal perang LPD KRI Banda Aceh-593 (KRI BAC 593).

Para pejabat teras di TNI turut menyaksikan pelepasan para pemudik kembali ke kampung halaman, seperti Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, turut melepas ribuan pemudik.

TNI Angkatan Laut dalam rangka mendukung himbauan pemerintah agar kegiatan mudik lebaran tahun 2024 dapat berjalan lancar dan aman, serta dapat mengurangi kepadatan pada saat puncak arus mudik, menyediakan mudik gratis melalui jalur laut dan jalur darat.

Jalur laut menggunakan satu Kapal Perang, yaitu KRI BAC-593, sementara jalur darat menggunakan ratusan bus.

Pemberangkatan mudik bersama melalui jalur darat dan laut ini dilaksanakan secara serentak dari Kolinlamil, Jakarta Utara dan diikuti oleh seluruh kotama/satker wilayah Jakarta.

Pelaksanaan mudik bersama yang diselenggarakan oleh TNI AL merupakan salah satu bentuk perhatian, kepedulian dari pimpinan TNI AL dalam rangka memfasilitasi masyarakat umum dan keluarga besar TNI AL agar dapat bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Program mudik bersama ini juga diharapkan dapat mengurangi beban ekonomi, kemacetan dan risiko kecelakaan bagi masyarakat umum serta prajurit TNI AL yang akan melaksanakan mudik lebaran.

Pada mudik jalur darat telah disiapkan sebanyak 120 Bus, dimana TNI AL bekerja sama dengan mitra Bank meliputi, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Woori Saudara, Bank Jawa Barat (BJB), Bank Artha Graha dan Kementerian Perhubungan.

Baca Juga  Dishub LH Akan Launching Bank Sampah Pada Awal November Nanti

Rincian sebanyak 120 bus tersebut terdiri dari 55 bus dengan jumlah penumpang lebih kurang 2.473 orang yang akan diberangkatkan dari Mabesal, Pushidrosal sebanyak 8 bus dengan jumlah penumpang 332 orang, Koarmada RI yang terdiri dari Lantamal III dan Satlak Armada I sebanyak 10 bus dengan jumlah penumpang 457 orang,

Kolinlamil sebanyak 10 bus dengan jumlah penumpang 461 orang, Kormar sebanyak 30 bus dengan jumlah penumpang 2.136 orang, dan Seskoal sebanyak 7 bus dengan jumlah penumpang 294 orang.

Adapun rute tujuan Mudik Lebaran jalur darat terbagi dalam 3 jalur yaitu Jalur Utara, Tengah dan Selatan. Untuk jalur Utara Jakarta-Gresik dan Jakarta-Lamongan. Jalur Tengah terdiri Jakarta-Jombang dan Jalur Tengah Jakarta-Surabaya, serta Jalur Selatan yakni Jakarta-Yogyakarta.

Sementara itu, jalur laut dengan menggunakan KRI BAC-593 diperuntukkan bagi masyarakat umum khususnya bagi pengguna kendaraan roda dua/sepeda motor. Total pemudik yang telah mendaftar sebanyak 1.019 orang dan kendaraan sebanyak 273 unit, dengan rincian rute Jakarta – Semarang sebanyak 593 orang dan kendaraan sebanyak 180 unit.

Sedangkan rute Jakarta – Surabaya sebanyak 426 orang dan kendaraan sebanyak 93 unit. Sedangkan rute dan jadwal keberangkatan arus mudik dan arus balik KRI BAC-593 adalah sebagai berikut:

Arus mudik Jakarta-Semarang 5 April 2024 pukul 10.00 WIB, Semarang – Surabaya 6 April 2023 pukul 16.00 WIB, Tiba di Surabaya 7 April 2024 pukul 15.00 WIB. Sementara Arus Balik Surabaya – Semarang 13 April 2024 pukul 11.00 WIB, Semarang – Jakarta 14 April 2024 pukul 12.00 WIB, Tiba di Jakarta 15 April 2024 pukul 14.00 WIB.

Antusiasme Masyarakat

Dilansir dari VOA, Raut wajah gembira tidak bisa disembunyikan oleh Ayu, salah satu pemudik yang bersemangat untuk mengikuti mudik gratis dengan menggunakan kapal perang TNI AL ini.

Baca Juga  PT Sumurung Parna Pratama Segera Olah 9,3 Hektar Pasir Uruk di Bintan

Dari awal Ramadan, Ayu selalu mencari tahu info mudik gratis dengan harapan bisa mengikuti program tersebut. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Setelah mencari-cari info, akhirnya ia mendapatkan informasi mudik gratis TNI AL tersebut dari Instagram.

 

 

Ayu yang menjalani kuliah di Bandung ini sebenarnya memiliki tujuan mudik ke Makassar. Namun ia memilih untuk mengikuti mudik gratis dengan TNI AL, karena ingin mencoba naik kapal perang untuk pertama kalinya, sebelum nantinya melanjutkan perjalanan dengan pesawat ke Makassar dari Semarang.

 

“Ini pertama kali. Kenapa? Karena saya mau nyobain naik kapal, pertama kali naik kapal terus langsung kapal perang kan seru ya,” ungkap Ayu dilansir dari VOA.

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

138531
Users Last 30 days : 1792
Users This Month : 897
Views This Year : 27392
Who's Online : 0
Your IP Address : 159.223.61.140
Server Time : 2024-05-18
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya