PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Bupati Wan Siswandi Hadiri Pengoperasian Satria 1 Dan BTS 4G Bersama Presiden RI

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 29, 2023
Bupati Wan Siswandi Hadiri Pengoperasian Satria 1 Dan BTS 4G Bersama Presiden RI
Kegiatan seremoni ini digelar secara daring yang diikuti oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi langsung dari lokasi tower BTS. Kamis, (28/12/2023). - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

NATUNA– Joko Widodo Presiden RI pada, Kamis (28/12/2023), meresmikan menara Base Transceiver Station (BTS) 4G dan pengoperasian integrasi stasiun bumi untuk Satelit Republik Indonesia-1 (SATRIA-1) untuk daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Kegiatan seremoni ini digelar secara daring yang diikuti oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi langsung dari lokasi tower BTS. Kamis, (28/12/2023).

Acara ini diikuti secara nasional oleh daerah-daerah lain yang menjadi sebaran BTS 4G Bakti Kominfo melalui live zoom, termasuk Natuna. Pemerintah Kabupaten Natuna sendiri mengikuti acara tersebut melalui acara yang digelar di Desa Pengadah, Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Menteri Kominfo RI, Ari Budi Setiadi pada kesempatan itu melaporkan, pekerjaan BTS 2023 ini dapat diselesesaikan dalam waktu yang cepat karena persoalan di lapangan tidak banyak yang merintangi.

“Persoalannya banyak di administrasi dan hukum. Maka perkerjaan segera dapat dituntaskan,” paparnya.

Ia menegaskan semua pekerjaan BTS di Indonesia sudah rampung hampir 100 persen sesuai target yang sudah ditetapkan pemerintah. Sisinya tinggal 630 unit BTS yang belum dapat diselesaikan.

“Itu karena ada kendala medan yang sulit dan kendala keamanan yang signifikan di Papua. Tapi ini kami upayakan triwulan pertama tahun depan semuanya selesai,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengapresiasi kinerja Kementerian Kominfo karena proyek yang begitu banyak telah dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.

“Cuma kemarin ada problem korupsi sehingga pekerjaan ini sempat terhenti,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Meski begitu, Presiden Jokowi berkomitmen untuk menuntaskan program tersebut. Terkait porgram ini, ia mengaku telah berbicara dengan Kejaksaan Agung agar problem korupsi dapat ditangani sebaik mungkin tapi dilain sisi kegiatan pembangunan BTS 4G harus tetap berjalan.

Baca Juga  Warga Natuna di Tanjungpinang Syukuran Bupati dan Wakil Bupati Natuna Terpilih

“Pak Kajagung bilang siap mendampingi pembangunan itu secara hukum dan administrasi. hingga Kominfo memiliki rasa percaya diri dan berhasil dikebut selama empat bulan saja meskipun pekerjaannya banyak,” tuturnya.

Dengan demikian, Presiden Jokowi mengaku bersyukur karena pemerintah telah berhasil membangun tol langit dan banyak sekali infrastruktur konektivitas.

“Alhamdulillah, ini semua sudah dapat kita nikmati. Dengan ini gerakan dan komunikasi masyarakat dapat berjalan lebih lancar lagi,” ucap Presiden Jokowi mengakhiri.

Sendana dikatakan Bupati Natuna, Wan Siswandi pada kesempatan itu menghaturkan apresiasi tinggi kepada pemerintah pusat yang telah meningkatkan infrastruktur telekomunikasi di Natuna.

Dari kegiatan pemerintah itu, masyarakat Kabupaten Natuna disebutnya sudah banyak mendapatkan kemanfaatan untuk mendukung kegiatannya di semua sektor.

“Paling tidak, kita dapat melihat masyarakat dapat lebih senang bersilaturahmi dengan adanya program ini,” kata Bupati Siswandi.

Ia menjelaskan, di Natuna terdapat 17 lokasi BTS yang diresmikan pemerintah pada momen ini. Salah satunya BTS yang ada di Desa Pengadah, Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Menurutnya, program yang ditujukan untuk mendukung akselerasi kebutuhan akses jaringan telekomunikasi masyarakat itu di Natuna berjalan secara konstan.

“Pembangunannya pelan tapi pasti. Dan tiba-tiba sebaran koneksi telekomunikasi kita menjadi lebih luas,” ungkapnya.

Dengan begitu, Bupati Wan Siwandi juga mengaku bersyukur dan gembira karena pengoperasian Base Transceiver Station (BTS) 4G dan integrasi Satria 1 itu dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi.

“Maka kami berharap selain berfungsi sebagai sarana pendukung pertumbuhan ekonomi, akses telekomunikasi ini juga dapat menjadi perekat kita semua karena dengan ini kita bisa semakin mudah berkomunikasi,” tuntasnya.

(Dia)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137663
Users Last 30 days : 2747
Users This Month : 29
Views This Year : 26073
Who's Online : 1
Your IP Address : 198.251.84.7
Server Time : 2024-05-01
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya