PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Gandeng Disdukcapil, Lanal Ranai Gelar Sosialisasi IKD

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 27, 2023
Gandeng Disdukcapil, Lanal Ranai Gelar Sosialisasi IKD
sosialisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dari Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Kabupaten Natuna - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

NATUNA – Seluruh Prajurit, PNS dan keluarga besar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai mengikuti sosialisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dari Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Kabupaten Natuna di Mess Memet Sastrawirya, Bunguran Timur Kabupaten Natuna.

Kegiatan sosialisasi ini mendapat respon yang positif bagi Prajurit Lanal Ranai beserta keluarganya, sesuai dengan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2022 Tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik Serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital, Rabu (27/12/2023).

Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Ilham Kauli, mengatakan dalam sambutannya bahwa program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Admintrasi Kependudukan) adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.

“Kesadaran tersebut ditunjukkan dengan 4 hal, yakni kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat,” jelas Kepala Disdukcapil.

Lebih lanjut, Ilham Kauli mengatakan, Identitas Kependudukan Digital (IKD) merupakan dokumen digital yang diakui oleh pemerintah. “IKD memiliki keunggulan, diantaranya meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan, mempermudah untuk mendapatkan pelayanan publik, mempermudah menunjukan data keluarga dan dokumen pribadi serta untuk sistem keamanan datanya sudah dilindungi oleh Undang – Undang,” pungkasnya.

Pada kesempatan nya, Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Maman Nurachman yang hadir pada acara tersebut mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat dalam meng update data administrasi kita untuk keperluan data diri kita serta untuk menghindari terjadinya pemalsuan data kependudukan.

“Sebab KTP merupakan identitas resmi seorang penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan instansi pelaksana dan berlaku di seluruh wilayah Negara Indonesia dan saya ucapkan terimakasih kepada tim disdukcapil yang telah mengadakan sosialisasi IKD ini,” katanya.

Baca Juga  Dit Resnarkoba Polda Kepri Berhasil Amankan Pemilik Narkotik Jenis Ganja

(Pen)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137782
Users Last 30 days : 2529
Users This Month : 148
Views This Year : 26282
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.141.152.173
Server Time : 2024-05-03
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya