PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

DPR RI Cen Sui Lan Upayakan Estuari Air Terjun Temburun Anambas Mencapai 300 Milyar

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 26, 2023
DPR RI Cen Sui Lan Upayakan Estuari Air Terjun Temburun Anambas Mencapai 300 Milyar
Cen sui lan mengabadikan momen di belakang wisata air terjun temburun anambas - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com
Editor admin

ANAMBAS– Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepri Cen Sui Lan siap memperjuangkan harapan warga perbatasan untuk pembangunan tahap awal estuari di lokasi air terjun Temburun di Kecamatan Siantan Timur, Kepulauan Anambas. Rencananya akan turun dari APBN Rp300-an miliar pada tahun anggara 2024.

Pembangunan estuari Temburun yang terintegrasi untuk sumber air bersih ini, berdasarkan hasil kunjungan kerja reses Cen Sui Lan, pekan kemarin.

Pada saat kunjungan kerja reses di Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Cen Sui Lan menerima penjelasan dari Danil MT Kepala BWS Sumatera IV Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR tentang pembangunan estuari Temburun, Siantan Timur, Kepulauan Anambas.

Estuari Temburun ini sebagai air baku untuk pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang dilakukan oleh BP2W. Guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Pulau Siantan (Tarempa).

Pada kesempatan tersebut, Cen Sui Lan meninjau lokasi air terjun Temburun yang dirancang juga sebagai destinasi wisata alam Anambas, yang dibangun terintegrasi dengan estuari Temburun.

Saat itu, turut serta Danil MT, Stanley Cicero Tuatipanaya Kepala BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hasnidar Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Syarif Ahmad Kepala Dinas PUPR Anambas.

“Pembangunan estuari Temburun ini akan dilaksanakan oleh BWS Sumatera IV Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR. Sedangkan IPA akan dibangun oleh BP2W Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Setelah selesai nantinya, dikelola oleh PDAM Kabupaten Kepulauan Anambas,” sebut Cen Sui Lan.

Pembangunan estuari Temburun terintegrasi memasuki tahap awal. “Desainnya, sebagai fungsi penyediaan air baku, instalasi pengolahan air (IPA) dan fungsi destinasi wisata di Anambas,” sambung Cen Sui Lan saat memberikan keterangan Sabtu (23/12/2023).

Baca Juga  Bintara dan Tamtama Remaja TNI AL Asal Papua Terima Pelajaran Perbankan

Cen Sui Lan yang juga Ketua Dewan Pembina Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Provinsi Kepri ini menerangkan, setelah menerima laporan dari Danil MT Kepala BWS Sumatera IV dan Syarif Ahmad Kadis PUPR Anambas, untuk membangun estuari dibutuhkan Design Engineering Detail (DED), masuk tahun anggaran 2024.

Karena, lanjut Cen Sui Lan, estuari Temburun ini dapat menampung jutaan kubik air bersih dari gunung, dan difungsikan sebagai air baku untuk pengolahan sumber air minum bagi masyarakat Pulau Siantan (Tarempa).

BP2W Kepri perannya untuk membangun Instalasi Pengelolaan Air. Setelah selesai, nantinya dikelola PDAM (UPTD) Anambas.

“Selain pengolahan sumber air bersih bagi masyarakat, kawasan air terjun Temburun itu ditata sebagai destinasi wisata. Untuk wisatanya, nanti dikelola BUMDes Temburun,” jelas Cen Sui Lan Dewan Kehormatan PSMTI Kepri ini.

Diestimasi Rp300-an miliar untuk pembangunan terintegrasi estuari Temburun itu. Nanti. “Saya buatkan skema Multi Years Contract saja. Karena kewenangan anggaran ada di kita (saya), sebagai Anggota Komisi V DPR RI,” demikian dikatakan Cen Sui Lan.

(Sb)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

138535
Users Last 30 days : 1796
Users This Month : 901
Views This Year : 27396
Who's Online : 0
Your IP Address : 34.239.158.223
Server Time : 2024-05-18
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya