PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Dirasakan Rakyat, DPR RI Cen Sui Lan Merubah Jalan Tanah Menjadi Mulus Di Pulau Anambas

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 17, 2023
Dirasakan Rakyat, DPR RI Cen Sui Lan Merubah Jalan Tanah Menjadi Mulus Di Pulau Anambas
jalan utama penghubung Rewak menuju Sedanau, Padang Melang dan sebaliknya. Kini, jalan di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sudah berubah total.  - (Gurindam.id)
RajaBackLink.com
Editor admin

ANAMBAS– Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri memperjuangkan Rp67 miliar untuk penanganan jalan kepulauan Anambas.

dimana sebelumnya kondisi akses jalan sempit, berlumpur, berlubang sana sini, dan tak beraspal. Begitu kondisi awal jalan utama penghubung Rewak menuju Sedanau, Padang Melang dan sebaliknya. Kini, jalan di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sudah berubah total.

“Tahun anggaran 2023, dialokasikan Rp67 miliar untuk penanganan jalan dari Rewak menuju Sedanau, hingga Padang Melang di Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas itu. Tahun 2024 nanti, dialokasikan lagi dana pusat melalui program Inpres Jalan Daerah (IJD), untuk penyelesaian jalan sepanjang 8,6 kilometer itu,” sebut Cen Sui Lan, Minggu (17/12/2023).

Jalan anambas

Jalan anambas

Sebelumnya, Senin (11/12/2023) sampai Kamis (14/12/2023) kemarin, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri melakukan Kunjungan Kerja Reses ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Rabu (13/12/2023), kunjungan kerja difokuskan kepada penanganan jalan lingkar di Pulau Jemaja. Mulai dari Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang.

Turut serta dalam mendampingi Cen Sui Lan dalam kunjungan kerja reses itu Stanley Cicero Tuatipanaya Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Hadir serta dalam kunjungan kerja itu Danil Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera 4 Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Hendra PPK I BPJN Kepri, Syarif Ahmad Kadis PUPR Kabupaten Anambas, Wan Iwan Marzuni Camat Jemaja Timur, Bukhari tokoh masyarakat, perangkat desa dan sejumlah pihak terkait.

Dalam kunjungan kerja reses ini, Cen Sui Lan bersama rombongan langsung meninjau proyek pembangunan jalan penghubung Rewak hingga Padang Melang di Jemaja itu.

Baca Juga  Wujud Kepedulian Sesama, Wabup Anambas Turunkan Tim Bantuan

Dalam peninjauan tersebut, Cen Sui Lan menerima penjelasan dari Stanley Cicero Tuatipanaya Kepala BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, tentang penanganan ruas jalan penghubung dari Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang, di Kecamatan Jemaja Timur, Anambas tersebut.

Kunjungan kerja reses ini, sekaligus melakukan pengawasan terhadap program Inpres Jalan Daerah (IJD) tahun anggaran 2023 sebesar R 67 miliar.

Dana Rp67 miliar itu untuk penanganan ruas jalan yang dulunya sempit, berlumpur dan berlubang sana sini menjadi lebih baik. Kegiatan ini merupakan bagian pembangunan jalan lingkar di Pulau Jemaja,” jelas Cen Sui Lan.

Selama meninjau kegiatan pembangunan dan penanganan jalan lingkar Pulau Jemaja tersebut, Cen Sui Lan terlihat serius dan memperhatikan secara detail setiap penjelasan Stanley C Tuatipanaya tentang penangan ruas Jalan Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang tersebut.

Sebab, anggaran untuk penanganan jalan lingkar di Pulau Jemaja ini merupakan aspirasi Cen Sui Lan yang diperjuangkannya ke pemerintah pusat, untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri.

Untuk percepatan pembangunannya, puluhan alat berat diturunkan dan beroperasi. Sehingga, progres pengerjaan ruas Jalan Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang ini lebih cepat dari perencanaan.

 

Selain itu, penanganan jalan sepanjang 8,6 kilometer dari Rewak ke Sedanau dan Padang Melang itu, juga terdapat pembangunan 17 box culvert. Box culvert ini dibangun untuk melancarkan air, apabila hujan. Karena kondisi jalan lingkar di Pulau Jemaja ini mengikuti kontur tanah yang berbukit. Sebagian ruas jalan, seperti di perkampungan Desa Rewak, sudah dibeton dengan kualitas Standar Jalan Nasional.

 

Wan Iwan Marzuni Camat Jemaja Timur sangat berterima kasih kepada Cen Sui Lan yang sudah merealisasikan pembangunan Jalan Rewak menuju Sedanau smapai ke Padang Melang ini. Pembangunan jalan tersebut sangat bermanfaat untuk kepentingan kemajuan Pulau Jemaja. Menurutnya, dengan pembangunan jalan ini, tentu sangat melancarkan arus barang, orang dan jasa. Sehingga Pulau Jemaja dapat berkembang dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat ke depannya.

Baca Juga  Asex 01 Natuna Kunci Stabilitas Keamanan Dan Perdamaian Di Kawasan

 

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri mengungkapkan, penanganan jalan lingkar Pulau Jemaja di Kabupaten Anambas, dari Rewak menuju Sedanau hingga Padang Melang sepanjang 8,6 kilometer ini, dianggarkan Rp67 miliar, pada tahun anggaran 2023 ini. Pembangunan jalan lingkar itu menggunakan program Inpres Jalan Daerah (IJD), hasil aspirasi Cen Sui Lan untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Anambas.

 

Sekarang ini, kan baru tahap awal dialokasikan, dana tahun anggaran 2023. Untuk penyelesaian jalan lingkar Pulau Jemaja itu, pada tahun anggaran 2024 nanti, juga mendapatkan alokasi lagi. Nilainya dihitung berdasarkan RAB dan DED yang sudah siap.

2024 nanti, konektivitas Pulau Jemaja dapat dibangun. “Sehingga daerah Kabupaten Anambas bisa semakin maju,” demikian dijelaskan Cen Sui Lan, Minggu (17/12/2023) setelah pulang dari kunjungan kerja reses di Anambas.

(Dia)

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

137506
Users Last 30 days : 2812
Users This Month : 2590
Views This Year : 25833
Who's Online : 0
Your IP Address : 52.167.144.25
Server Time : 2024-04-27
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya