ADVERTORIAL

Kerja Nyata DPR RI Cen Sui Lan, Warga Anambas: Amanah Rakyat Terwujud Layak Terpilih Kembali

ANAMBAS – Sejak menjabat sebagai anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepri, Cen Sui Lan langsung tancap gas membawa aspirasi masyarakat wilayah yang diwakilinya ke pemerintah pusat. Gerak cepat Cen yang merupakan Fraksi Golkar tersebut sejak 2021 sudah tampak nyata saat ini di tahun 2023.

Salah satunya ialah peningkatan infrastruktur di sejumlah desa yang ada di Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas. Tercatat dari anggaran tahun 2022 sampai saat ini, terdapat 4 desa di Kecamatan Siantan yang program pembangunan jalannya telah terealisasi. Keempat desa tersebut yakni Desa Tarempa Barat Daya, Desa Sri Tanjung, Desa Lingai dan Desa Tiangau.

Terpilihnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Anak Bangsa di Desa Tiangau menjadi salah satu kampung literasi di Indonesia

Sebelumnya, jalan di keempat desa tersebut hanya tanah dan masih sangat semput. Kini jalan tersebut sudah mengkilap dan luas, berkat program Cen Sui Lan selaku anggota DPR RI yang mengisi di Komisi V.

Mengilas balik, pada tahun 2022, jalan di Desa Tarempa Barat Daya dan Desa Sri Tanjung begitu sangat memprihatinkan. Jalan di pesisir pantai kecil itu masih dalam bentuk jalan tanah. Begitu sulit akses masyarakat dari tempat satu ke tempat lainnya.

 

Keluhan dan aspirasi masyarakat itu pula yang menjadi fokus bagi Cen Sui Lan saat kunjungan kerja reses, awal tahun 2022 lalu. Secara bertahap, Cen Sui Lan membangun jalan beton di Desa Tarempa Barat Daya dan Desa Sri Tanjung tersebut.

Pembangunan jalan di dua desa ini diperjuangkan Cen Sui Lan lewat dana aspirasinya melalui program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah atau yang biasa disebut PISEW. Yaitu kegiatan pembangunan berbasis masyarakat dari Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Hingga tahun anggaran 2023 ini, penataan dan pembangunan infrastruktur jalan lewat program PISEW terus dijalankan. Bahkan sudah selesai dikerjakan, dengan memberdayakan masyarakat setempat. Alhasil, infrastruktur jalan di Desa Tarempa Barat Daya dan Desa Sri Tanjung sudah mantap.

Jalan yang dulu sempit, kini sudah luas dengan kondisi beton. Anggaran untuk pembangunan jalan di Desa Tarempa Barat Daya tersebut mencapai Rp500 juta.

 

“Kami sangat salut dengan aksi nyata Bu Cen Sui Lan untuk pembangunan di Kecamatan Siantan ini. Khususnya di Desa Tarempa Barat Daya dan Desa Sri Tanjung. Kini, jalan kami bagus dan luas. Itu berkat karya nyata Bu Cen Sui Lan kepada masyarakat. Terima kasih buat Bu Cen, yang benar-benar bekerja sebagai wakil rakyat dari Kepri ini,” kata Hedtiantri warga Siantan, Ketua KKAD setempat.

Tidak hanya dua desa itu, perjuangan Cen Sui Lan untuk membangun daerah perbatasan NKRI dengan negara tetangga, juga ditujukan terhadap Desa Lingai dan Desa Tiangau di Kecamatan Siantan ini.

Pembangunan untuk Desa Lingai juga diprioritaskan terhadap akses transportasi lewat program PISEW. Kini, jalan di desa tersebut sudah tak ada yang lagi yang dirisaukan. Semua mulus dengan kualitas yang pantas diberikan aplaus.

Untuk Desa Tiangau, Cen Sui Lan memberikan perhatian lebih. Bukan cuma pembangunan dan penataan jalan. Tapi, Desa Tiangau dipoles lebih menawan agar menjadi desa wisata yang menarik kunjungan wisatawan asing. Misi itu pun terwujud. Cen Sui Lan ingin menjadikan Desa Tiangau sebagai destinasi wisata unggulan Kabupaten Anambas.

Justru itu, melalui aspirasinya, Cen Sui Lan mengalokasikan dana Rp2,5 miliar untuk Desa Tiangau sebagai destinasi wisata unggulan. Tahun anggaran 2023 ini, Cen Sui Lan mengalokasikan dana aspirasi sebesar Rp2,5 miliar untuk Desa Tiangau.

Anggaran tersebut terbagi dalam berberapa program infrastuktur berbasis masyarakat. Seperti untuk program PISEW sebesar Rp500 juta, program bedah rumah sebesar Rp1 miliar.

“Program Bantuan Desa Wisata Rp400 juta. Program Pamsimas Rp350 juta. Program PJU-TS Rp250 juta. Sisanya dalam kegiatan bansos infrastruktur lainnya. Bu Cen Sui Lan orangnya jempolan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat kecil, seperti kami di daerah perbatasan negara ini,” ungkap Khermansyah Kepala Desa Tiangau.

Upaya pembangunan ini sudah mulai digesa oleh Cen Sui Lan, dengan mengalokasikan dana aspirasi berupa Penataan Kawasan Arung Hijau Desa Tiangau dengan Program Pembangunan Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun anggaran 2022 dan tahun anggaran 2023.

“Kita selesaikan dan kita kepung Desa Tiangau dari seluruh program infrastuktur berbasis masyarakat,” ujar Cen Sui Lan belum lama ini.

Cen Sui Lan juga memperindah kawasan wisata Desa Tiangau dengan merenovasi rumah-rumah sebanyak 50 unit pada tahun anggaran 2023 ini, agar semakin rapi dan indah.

Sebelumnya, dari dana aspirasi Cen Sui Lan, juga telah dialokasikan untuk pembangunan jalan di bibir pantai, sepanjang 500 meter. Jalan ini sebagai sarana pendukung Desa Tiangau, sebagai Desa Destinasi Wisata.

Masih belum berakhir masa jabatannya, hingga kini Cen Sui Lan masih terus menarik alokasi anggaran pusat untuk membangun infrastuktur di Kepulauan Riau melalui berbagai program.

 

admin

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

2 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

4 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

5 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

7 hari ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

1 minggu ago

This website uses cookies.