PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Dinkes Anambas Ikuti Vidcon Dengan Kemenkes, Ini Yang Dibahas

Mencerdaskan & Memuliakan - Agustus 10, 2022
Dinkes Anambas Ikuti Vidcon Dengan Kemenkes, Ini Yang Dibahas
 - (Sekretaris Dinkes PPKB Anambas bersama Asisten I Sekretariat Daerah Anambas saat mengikuti Vidcon)
RajaBackLink.com
Editor Redaksi

ANAMBAS – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Anambas mengikuti Video Conference (Vidcon) bersama Kementerian Kesehatan dan diikuti oleh seluruh Kepala Daerah dan Kepala Dinas Kesehatan seluruh Indonesia, Rabu (10/08/2022) di Media Centre Lantai II Kantor Bupati Anambas.

Dalam vidcon kali ini, Kementerian Kesehatan membahas dan mensosialisasikan 6 pilar transformasi kesehatan, yakni Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Indonesia, Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam sambutannya mengatakan, setelah pandemi Covid-19 yang terjadi 2 tahun lalu, kini Pemerintah Indonesia akan terus berupaya membenahi sistem kesehatan agar lebih kuat, lebih baik, serta bisa menjangkau seluruh masyarakat hingga daerah terpencil.

“Seluruh 6 Pilar tersebut sudah sejalur dengan strategi dan kebijakan bidang kesehatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020 – 2024, maka dari itu, Setelah pandemi Covid-19 Kementerian Kesehatan berupaya untuk memperbaiki sistem kesehatan di Indonesia agar menjadi lebih kuat, lebih baik serta bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Indonesia,” ujarnya dalam Vidcon.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes PPKB Anambas, Islam Malik menyebutkan, masih ada beberapa hal yang menjadi ‘PR’ bagi Pemerintah Daerah Anambas dalam memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Yang menjadi tugas kita yaitu kita akan membenahi sistem pelayanan kesehatan kita, seperti arahan dari bapak Sekjen Kemenkes RI tadi, Posyandu diharapkan bisa dioptimalkan secara maksimal sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat, guna menjangkau masyarakat yang tinggal didaerah terpencil,” sebut Malik.

Tak hanya itu, Dirinya juga menuturkan, bahwa Anambas masih kekurangan tenaga kesehatan, terutama untuk Dokter Umum dibeberapa Kecamatan baru, serta beberapa Dokter Spesialis.

Baca Juga  Siswi Buat konten TikTok Diduga Hina Palestina Kehilangan Hak Pendidikan, KPAI: Prihatin

“Untuk tenaga kesehatan kita masih kekurangan, yang saat ini tengah kita usahakan adalah Dokter Umum untuk dibeberapa Kecamatan baru dan Kecamatan Jemaja Barat, serta beberapa Dokter Spesialis, seperti kandungan dan anestesi,” tutur Malik.

Pihaknya juga menjelaskan akan terus berupaya melakukan pendekatan dan melobbi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi agar tercukupinya tenaga kesehatan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Terakhir, Islam Malik berharap, agar kebutuhan akan tenaga kesehatan dan pusat kesehatan di Anambas bisa terpenuhi, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang sakit dirujuk keluar kota. (FR)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 9 5 9 5
Users Today : 3
Users Yesterday : 28
Users Last 7 days : 234
Users Last 30 days : 1714
Users This Month : 1435
Users This Year : 22103
Total Users : 89595
Views Today : 3
Views Yesterday : 41
Views Last 7 days : 386
Views Last 30 days : 2641
Views This Month : 2204
Views This Year : 32772
Total views : 146475
Who's Online : 0
Your IP Address : 154.26.137.127
Server Time : 2022-09-25
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya