PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

BP2KKJ Rapat Dengan DPRD Anambas Terkait Pembentukan Kabupaten Baru

Mencerdaskan & Memuliakan - Juni 6, 2022
BP2KKJ Rapat Dengan DPRD Anambas Terkait Pembentukan Kabupaten Baru
 - (BP2KKJ Rapat Dengan DPRD Anambas Terkait Pembentukan Kabupaten Baru)
RajaBackLink.com
Editor Redaksi

ANAMBAS, GURINDAM.ID -Keinginan masyarakat Jemaja terkait pembentukan Kabupaten baru, Badan Perjuangan Pembentukan Kabupaten Kepulauan Jemaja (BP2KKJ) laksanakan Rapat Dengar Pendapat Umum dengan DPRD Anambas, Senin (06/06/2022) di Ruang Rapat Paripurna lantai 1.

Tokoh dan masyarakat Jemaja saat berfoto bersama dengan Anggota DPRD Anambas

Tokoh Pemekaran Kabupaten Kepulauan Jemaja, Megantara menuturkan, kondisi geografis antara pusat Pemerintahan dan sebaran penduduk yang relatif jauh, menyulitkan masyarakat Jemaja untuk mengakses pelayanan publik.

Para tamu undangan yang hadir dalam rapat

Sehingga, pada 20 Mei 2021 lalu, masyarakat Jemaja mengadakan Mubes untuk membentuk daerah otonom baru Kabupaten Kepulauan Jemaja, dan dari Mubes tersebut mendapatkan hasil deklarasi bahwa masyarakat Jemaja menginginkan membentuk Kabupaten baru.

“Kondisi geografis antara pusat pemerintahan dan sebaran penduduk yang relatif jauh, menyulitkan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik. Kemudian, ada ketimpangan kondisi sosial ekonomi daerah yang berada dekat dengan pusat pemerintah dan daerah yang jauh dari pusat pemerintahan,” tuturnya.

Masyarakat Jemaja saat mendengarkan penyampaian dari BP2KKJ

Dirinya menyebutkan, ada beberapa tujuan dari pemekaran daerah tersebut, yakni meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan kepada masyarakat, memperkokoh basis ekonomi masyarakat, mengatur perimbangan keuangan daerah dan pusat, membuka peluang dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, serta memberikan peluang daerah untuk mendapatkan investor.

“Pulau Jemaja merupakan salah satu Kecamatan yang mempunyai 10.109 penduduk yang mana ini menjadi kendala tersendiri dalam upaya mendapatkan rekomendasi pusat untuk menjadikan Kabupaten Kepulauan Jemaja,” sebut Megantara.

Penandatanganan proposal oleh Anggota DPRD Anambas

Dikesempatan yang sama, Anggota DPRD Anambas dari Fraksi PDIP, Yusli mengatakan, bahwa fraksi PDIP menyetujui pembentukan daerah otonom baru Kabupaten Kepulauan Jemaja.

“Dari sisi lembaga dan dari praksi PDIP sudah menyetujui terkait wacana pemekaran daerah otonom baru Kab. Kep. Jemaja, selanjutnya untuk panitia pemekaran agar segera menyiapkan mekanisme dan persyaratan untuk memuluskan keinginan tersebut,” ujar Yusli.

Tokoh masyarakat Jemaja saat berfoto bersama dengan Anggota DPRD Anambas

Sementara itu, menurut Wakil Ketua Komisi I DPRD Anambas, Rocky H Sinaga dalam penyampaiannya menminta kepada panitia pemekaran untuk mengkaji ulang permohonan tersebut sebelum dilanjutkan kepada DPR Republik Indonesia.

Seluruh tamu undangan dan Anggota DPRD Anambas berfoto bersama

“Menanggapai apa yang disampaikan oleh pidato tokoh pemekaran Kabupaten Kepulauan Jemaja, diharapkan kepada tim pemekaran pembentukan pemekaran untuk mengkaji ulang terlebih dulu sehingga lebih memudahkan untuk meneruskan langkah langkah selanjutnya sebelum hal tersebut dikaji lebih lanjut oleh DPR RI dan mendapatkan legalitas hukum,” tukas Rocky.

Sejumlah Tokoh Masyarakat Jemaja yang hadir

Turut hadir dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Anambas, Hasnidar, Wakil Ketua I DPRD Anambas, Syamsyil Umri, Wakil Ketua II DPRD Anambas, Ferdiansyah, Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, serta tokoh dan masyarakat Jemaja.

Penandatanganan Berita Acara Rapat

 

Penyerahan Dokumen kepada Pimpinan DPRD

(FR)

Baca Juga  Kabupaten Kepulauan Anambas Terima Penghargaan Meritokrasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

093031
Users Last 30 days : 1546
Users This Month : 26
Views This Year : 38549
Who's Online : 2
Your IP Address : 44.210.85.190
Server Time : 2022-12-01
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya