PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Sekenario Denjaka Berhasil Tumpas Sekelompok Pengacau Menguasai dan Menyandera Pegawai SKK Migas

Mencerdaskan & Memuliakan - Desember 20, 2021
Sekenario Denjaka Berhasil Tumpas Sekelompok Pengacau Menguasai dan Menyandera Pegawai SKK Migas
Pasukan khusus Denjaka (Detasemen Jala Mangkara) - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris bersama Wakil Bupati Wan Zuhendra menyambut Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal), Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, dan Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono di Bandar udara Matak Anambas, Minggu (19/12/2021).

Turut hadir mendampingi Asops Kasal dan Dankormar ibu Connie Rahakundini, dia adalah seorang akademikus dan pengamat bidang militer dan pertahanan keamanan Indonesia dan Anggota Komisi 1 DPR RI serta unsur Forum pimpinan daerah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pada kunjungan kerja ke Anambas akan mengelar pelatihan keadaan khusus Denjaka di pulau terluar NKRI Laut Anambas.

Kabupaten Kepulauan Anambas sendiri terletak antara Singapura dan Kepulauan Natuna di Laut China Selatan. Posisi tersebut menjadikannya salah satu kabupaten terdepan Indonesia.

Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri dari 255 pulau-pulau kecil dengan hanya 26 pulau yang berpenghuni. Artinya, mayoritas pulau di Anambas masih tidak berpenghuni yang memerlukan patroli ketat dari aparat.

Di Kabupaten Anambas tepatnya di kecamatan Jemaja ada menjadi saksi sejarah Indonesia di mata dunia dimana warga memberikan ruang kemanusiaan kepada pengungsi asal Vietnam yang eksodus saat negeri di Asia Tenggara itu berkecamuk perang saudara.

Bukti sejarah eksodus warga Vietnam ke pulau Anambas, akibat perang Vietnam yang terjadi tahun 1957 hingga 1975 masih tersimpan rapih di Pulau Jemaja, Anambas. Khusus di Desa Kuku yang berbatasan dengan Desa Air Biru, terdapat sejumlah batu nisan  kuburan  serta bangunan peninggalan masyarakat Vietnam yang pernah bermukim di kepulauan ini.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris bersama Wakil Bupati Wan Zuhendra menyambut Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal), Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, dan Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris bersama Wakil Bupati Wan Zuhendra menyambut Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal), Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, dan Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono

Dihari yang sama usai penyambutan dilakukan Bupati Anambas Abdul Haris, Pasukan khusus Detasemen Denjaka (Jala Mangkara) TNI AL bergerak menggelar latihan keadaan khusus berupa melumpuhkan aksi teror di Pelabuhan Jetty SKK Migas di Pulau Matak, Anambas, Kepulauan Riau, Minggu (19/12/2021).

Baca Juga  NEWS VIDEO: Masyarakat Desa Tinjul Deklarasikan Kampung Rachmat Gobel Peduli Lingga

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI Mar Suhartono meninjau langsung dan mengapresiasi latihan ini kendati cuaca tidak mendukung.

“Hal ini akan menjadi pengalaman sangat berharga dalam pelaksanaan tugas ke depan, terus pertahankan profesionalitas kalian sebagai pasukan khusus,” ujar Suhartono, dalam keterangan, Minggu (19/12/2021).

Adapun latihan diskenariokan adanya sekelompok teroris yang telah menguasai dan menyandera pegawai SKK Migas yang berada di Pelabuhan Jetty SKK Migas di Pulau Matak, Anambas.

Mereka disandera ketika sedang bertugas di pelabuhan tersebut. Selanjutnya, Denjaka yang menerima laporan adanya penyanderaan pun langsung beraksi untuk menanggulangi aksi teror tersebut setelah mendapat perintah dari komando atas.

Upaya melumpuhkan kelompok teroris dan penyelamatan sandera dilakukan unsur rubber duck yang menyelesaikan sasaran pada kilang minyak. Kemudian unsur free fall menyelesaikan sasaran air trafic control (ATC).

Sementara itu, unsur sea rider, unsur fast rope, dan unsur EOD menyelesaikan sasaran pada Gedung Jetty Office Port.

Meskipun dalam cuaca yang hujan dan kondisi alam yang tidak menentu, pasukan Denjaka mampu membebaskan sandera di tengah cuaca yang tak bersahabat.
(R/grd)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

092917
Users Last 30 days : 1538
Users This Month : 1432
Views This Year : 38279
Who's Online : 1
Your IP Address : 44.197.108.169
Server Time : 2022-11-29
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya