Sorotan

CSL: Pemprov Kepri Segera Rampungkan Syarat Teknis Jalan TOL Jembatan Babin

GURINDAM.ID- Anggota Komisi V DPR RI Cen Sui Lan (CSL) berharap agar Pemprov Kepri rampungkan pembebasan lahan, DED yang sudah dibackup Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, seperti izin lingkungan, Andal Lalin, AMDAL, serta persyaratan teknis lainnya, sebelum batas waktu 31 Oktober 2021 ini. Hal ini disampaikan langsung CSL saat kunjungan Spesifik ke Batam.

 

”Seperti yang diharapkan Pak Jokowi agar pada Oktober 2024 mendatang beliau dapat meresmikan penggunaan jalan tol jembatan Batam-Bintan,” ucap Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan.(6/10/2021) lalu.

 

Saat Kunjungannya, Komisi V DPR RI membawa mitra kerja, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur (PI) Kementerian PUPR, dan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR sebagai (pelaksana) program jembatan Batam-Bintan.

 

Cen Sui Lan menyampaikan, pemerintah pusat Kementerian PUPR sangat konsen merealisasikan program jalan dan jembatan Batam-Bintan di Kepri agar dapat segera terealisasi.

 

Hal tersebut dibuktikan dengan kebijakan yang sudah diputuskan bahwa program ini dilaksanakan dengan pola Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

 

Pemerintah Pusat akan menginventarisir dengan menganggarkan Rp3,34 triliun bersumber dari APBN yang menggunakan dana pinjaman utang luar Negeri.

 

”Dana berasal dari Asian Infrastruktur Invesment Bank (AIIB) atau Bank Investasi Infrastruktur Asia yang terdiri dari 100 negara Asia dan berpusat di Beijing, Tiongkok,” ujar CSL.

 

Menurutnya, program pembangunan jalan dan jembatan Batam-Bintan tetap on scedule.

 

Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR tetap bekerja keras sesuai dengan time line yang dibuat.

 

Bahkan dalam proses, jika ada kekurangan teknis dan persyaratan seperti readines criteria yang menjadi penugasan kepada Pemeritah Provinsi Kepri.

 

“Seperti revisi Detail Engineering Design (DED). Di dalamnya terdapat hasil dari Lab Sounder test titik pancang, yang menjadi dasar untuk konstruksi tersebut. Dibekap oleh pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR. Agar semua persyaratan yang untuk program ini masuk ke tahap lelang bisa dilaksanakan,” Kata Cen Sui Lan.

Ketika pihak Pemprov Kepri menyiapkan persyaratan teknis hingga akhir Oktober 2021 ini, Cen Sui Lan menegaskan dirinya akan mengawasi Kementerian PUPR agar program ini sesuai dengan batas waktu.

(Jrg)

 

 

admin

Leave a Comment

Recent Posts

Koptu Isnaeni Kunjungi Kediaman Masyarakat Binaannya di Desa Matak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Koptu Isnaeni Effendi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mengunjungi… Read More

4 hari ago

Serka Maraluat Hasibuan Dampingi Kades Payamaram salurkan BLT ke 48 KPM

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serka Maraluat Hasibuan melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan mendampingi… Read More

5 hari ago

Korps Wanita TNI AL Lanal Ranai Juara II Geopark Marathon 2024

NATUNA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai ikut berpartisipasi dalam acara Natuna Geopark Marathon… Read More

6 hari ago

Serda Saiful Bahri Melayat Warga Binaannya Yang Meninggal Dunia

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serda Saiful Bahri melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melayat… Read More

1 minggu ago

Serma Suriyatno Ikut Melepas Calon Jemaah Haji Kecamatan Palmatak

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Serma Suriyatnk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri undangan… Read More

1 minggu ago

Sertu M Hadi Hadiri Undangan Rembuk Stunting di Desa Teluk Sunting

Anambas, Gurindam.id – Babinsa Koramil 07/Palmatak, Sertu M Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menghadiri… Read More

2 minggu ago

This website uses cookies.