PT.GURINDAM MEDIA KEPRI- Mencerdaskan & Memuliakan

Bakamla RI Bersama Unhan MOU Kolaborasi Perkuat Keamanan Maritim

Mencerdaskan & Memuliakan - September 30, 2021
Bakamla RI Bersama Unhan MOU Kolaborasi Perkuat Keamanan Maritim
 - (Mencerdaskan & Memuliakan)
RajaBackLink.com

GURINDAM.ID- Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama dengan Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) sepakat memperkuat potensi Keamanan Maritim.

Hal ini tercatat dalam salah satu kejadian bersejarah, yaitu ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Bakamla RI dengan Unhan RI.

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Rektor Unhan RI Laksdya TNI Prof Amarulla Octavian Berlangsung di Aula Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Rabu (29/9/2021).

Kesepakatan ini mengacu pada nilai luhur untuk berkontribusi terhadap pembangunan dan pengembangan potensi kemaritiman nasional. Lebih spesifik lagi, kerja sama ini juga mengedepankan pengembangan keamanan maritim yang menjadi domain tugas Bakamla RI sebagai lembaga penegak hukum.

Di sisi lain, hal ini juga sejalan dengan misi Unhan RI untuk senantiasa mengembangkan ilmu pertahanan. Sehingga secara nyata dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, khususnya dalam konteks kemaritiman.

Menurut Kabag Humas dan Protokol Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita dalam keterangan diterima Gurindam.id, Kamis (30/9/2021).

Wisnu merincikan, tantangan tugas di lingkungan maritim semakin dinamis, terutama bila memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan strategis di kawasan saat ini. Jika tidak segera ditanggapi, tantangan tersebut berpotensi menciptakan instabilitas dan membawa resiko pada keamanan nasional.

“Oleh sebab itu, perlu adanya kebijakan dan strategi keamanan nasional yang mampu menjawab setiap ancaman di Indonesia,” ucap Laksdya TNI Aan Kurnia dalam sambutannya.

“Kebijakan dan strategi yang holistik hanya dapat dihasilkan dari sinergi pihak terkait, khususnya dalam lingkup akademisi dan praktisi yang saling memberi kontribusi secara rekursif,” lanjutnya.

Aan menambahkan, diharapkan dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman ini, dapat menghasilkan kebijakan dan strategi pertahanan yang kuat dan fleksibel dalam lingkup keamanan maritim.

Baca Juga  Peringatan HUT KRI Bima Suci Ke-4 Dilaksanakan Di Laut Sulawesi

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Kerja Sama antara Sekretaris Utama Bakamla RI Laksda TNI S. Irawan dan Dekan Fakultas Keamanan Nasional Unhan RI Mardekal Muda TNI Dr. Syamsunasir,

Momen terikatnya kerja sama ini, turut dihadiri oleh jajaran petinggi dari Unhan RIRI.

(Hms/jrg)

Click Bener Subscribe youtube Gurindam.id

Tinggalkan Komentar

LIKE FANPAGE

Our Visitor

0 8 7 1 2 4
Users Today : 61
Users Yesterday : 350
Users Last 7 days : 741
Users Last 30 days : 2353
Users This Month : 1483
Users This Year : 19632
Total Users : 87124
Views Today : 93
Views Yesterday : 535
Views Last 7 days : 1132
Views Last 30 days : 3686
Views This Month : 2182
Views This Year : 28904
Total views : 142607
Who's Online : 0
Your IP Address : 173.231.60.197
Server Time : 2022-08-16
Baca Informasi Berita Aktual Dari Sumber terpercaya